Share

27 Daerah Non Jawa-Bali Zona Merah, Satgas Ingatkan Pemda Segera Ambil Langkah

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 07 Juli 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 337 2436739 27-daerah-non-jawa-bali-zona-merah-satgas-ingatkan-pemda-segera-ambil-langkah-vHGkaljAwA.jpg Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) non Jawa-Bali alias yang tidak masuk zona PPKM Darurat, harus segera mengambil langkah efektif untuk menahan laju penularan virus corona.

Wiku menuturkan, pada pekan ini daerah zona merah (risiko tinggi) sebanyak 96 kabupaten/kota, zona oranye (risiko sedang) ada 293 kabupaten/kota, zona kuning (risiko rendah) 109 kabupaten/kota dan zona hijau (tidak ada kasus baru/tidak terdampak) ada 16 kabupaten/kota.

Dari total 96 kabupaten/kota yang masuk zona merah, 27 di antaranya berasal dari luar Jawa-Bali alias daerah yang tidak masuk PPKM Darurat. Sedangkan sisanya didominasi oleh daerah Jawa-Bali yang memberlakukan PPKM Darurat.

Baca Juga: Seperti Tiada Akhir, Giliran 333 Balita Terpapar Covid-19

"Segera ambil langkah-langkah efektif dan tepat sasaran untuk menekan penularan agar tidak semakin meningkat seperti di Jawa dan Bali," ucap Wiku sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis KPCPEN pada Rabu (7/7/2021).

Wiku meminta Pemda setempat mengantisipasi perkembangan pandemi di wilayahnya. Dengan memastikan kapasitas fasilitas pelayanan kesehatan cukup dan memadai. Sehingga seluruh pasien Covid-19 dapat ditangani dengan baik dan angka kesembuhan dapat meningkat tinggi.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini