Tingkat Keterisian RS di 6 Provinsi Jawa-Bali Lebih dari 80%

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 06 Juli 2021 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 337 2436530 tingkat-keterisian-rs-di-6-provinsi-jawa-bali-lebih-dari-80-3baQfEMQbb.jpg Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit (RS) sudah sangat tinggi. Dia mengatakan, untuk enam provinsi di Jawa-Bali keterisiannya sudah mencapai di atas 80%.

“Jika dilihat dari data BOR ruang isolasi di rumah sakit rujukan di 34 provinsi, 6 provinsi di Pulau Jawa telah mencapai lebih dari 80% tempat tidur terisi,” katanya dalam konferensi persnya, Selasa (6/7/2021).

Dia mengatakan, hal ini tengah dimitigasi di masing-masing pemerintah daerahnya. Salah satunya dengan menambah jumlah fasilitas isolasi terpusat.

“Keterisian tempat tidur yang tinggi ini tengah diupayakan oleh masing-masing daerah untuk dimitigasi dengan meningkatkan jumlah fasilitas isolasi terpusat dan meningkatkan fasilitas pemantauan pasien isolasi mandiri,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus Aktif Covid Capai 324.597, Satgas: Rekor Tertinggi Selama Pandemi

Wiku mengatakan, masyarakat juga dapat berkontribusi dalam menekan angka BOR di wilayahnya masing-masing. Di mana, jika mengalami gejala Covid-19 atau kontak erat dengan pasien positif maka tidak perlu panik.

“Segera hubungi puskesmas setempat untuk segera dilakukan pemeriksaan dan penelusuran kontak. Sambil menunggu hasil pemeriksaan teruslah berkonsultasi dengan petugas puskesmas agar isolasi mandiri dapat selalu terpantau. Ingat melapor ke puskesmas sangat membantu dalam pendataan dan pelacakan kontak serta penanganan Covid-19 bisa didapatkan dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun,” pungkasnya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 di SMA Kebayoran, Ketua Satgas Apresiasi Kontribusi Dunia Usaha

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini