Covid-19 Melonjak, Kemenkes: Ketersediaan Oksigen Medis Terbatas

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 06 Juli 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 337 2436458 covid-19-melonjak-kemenkes-ketersediaan-oksigen-medis-terbatas-pG9YyI6VzY.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengakui ketersediaan oksigen medis di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, mulai menipis. Hal itu disebabkan karena adanya peningkatan penggunaan oksigen medis dalam beberapa waktu belakangan ini terkait melonjaknya kasus Covid-19.

"Ketersediaan oksigen memang terbatas, dikarenakan terjadi peningkatan kasus 6 sampai 8 kali lipat. Di mana, kebutuhan oksigen hanya 60 ton menjadi 3000 ton perhari," kata Siti Nadia kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (6/7/2021).

Pemerintah saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi krisis oksigen medis di Indonesia. Salah satunya, dengan mengkonversi industri gas sebesar 50 persen untuk pemenuhan kebutuhan oksigen medis.

"Saat ini sedang dilakukan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan oksigen dengan menkonversi indutri gas memenuhi kebutuhan oksigen medis sebesar 50% dari kapastas produksi," terang Siti Nadia.

"Kedua, mempercepat proses distribusi yang tadinya dilakukan 2 sampai 3 hari menjadi 12 sampai 24 jam terutama di Pulau Jawa," imbuhnya.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Bertambah 31.189 Orang, Ini Sebarannya di 34 Provinsi

Sekadar informasi, angka konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini terus mengalami lonjakan yang drastis, khususnya Jakarta. Bahkan, varian baru dari virus corona yang mematikan dan lebih mudah menular sudah menyebar di Indonesia.

Indonesia mengalami beberapa permasalahan akibat lonjakan kasus tersebut. Diantaranya, ketersediaan oksigen medis yang saat ini sedang diburu oleh masyarakat. Selain itu, keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) yang sudah melebihi batas standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini