Kasus Covid-19 Tembus 50 Ribu per Hari, Begini Skenario Menko Luhut

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 06 Juli 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 337 2436269 kasus-covid-19-tembus-50-ribu-per-hari-begini-skenario-menko-luhut-2nQg9c0bky.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Indonesia terus mengalami lonjakan kasus harian Covid-19. Akibatnya, ketersedian kamar perawatan di rumah sakit semakin menipis. Pemerintah pun telah membuat skenario jika kasus harian melonjak lebih dari 50 ribu kasus.

(Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Suganda, Lurah yang Gelar Hajatan dan Berjoget saat PPKM Darurat)

“Sekarang kami sudah buat skenario bagaimana kalau kasus lebih 40 ribu, bagaimana suplai oksigen, obat, rumah sakit semua sudah dihitung,”ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (6/7/2021).

Selain itu Luhut, pemerintah telah menyiapkan sejumlah tempat untuk perawatan pasien Covid-19. Salah satunya Asrama Haji Pondok Gede.

(Baca juga: PPKM Darurat, Hari Ini Penumpang dari Luar Negeri Wajib Sudah Divaksin dan Karantina)

“Menkes juga sudah menyiapkan ICU, misalnya rumah sakit (darurat) di Asrama Haji Pondok gede, dalam dua hari sudah siap dan akan menampung lebih dari 800 pasien, sementara itu TNI Polri juga gelar rumah sakit darurat di Jakarta dan Surabaya,”lanjut Luhut.

Oleh karena itu, dia meminta jangan ada pernyataan bahwa pemerintah tidak tanggap menangani pandemi.

“Semua kekuatan kita kerahkan, jangan ada anggapan underestimate, bahwa Indonesia tidak bisa atasi, sampai hari ini yes, tapi kalau sampai nanti lebih dari 40-50 ribu kita tentu buat skenario. Siapa nanti kita minta tolong, kita sudah approach itu semua,” tutup Luhut.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini