Diangkut Pakai Hercules, Oksigen Konsentrator dari Singapura Didatangkan ke Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 Juli 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 337 2436258 diangkut-pakai-hercules-oksigen-konsentrator-dari-singapura-didatangkan-ke-indonesia-0NLBkJTLQe.jpg Luhut Pandjaitan. (Dok Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah telah memesan oksigen konsentrator dari Singapura. Sebagian oksigen konsentrator itu telah tiba di Indonesia diangkut menggunakan pesawat Hercules.

"Sekarang kita pesan 10 ribu, sebagian sudah datang pakai Hercules dari Singapur. Kita ambil dari tempat lain juga jika masih ada kekurangan," kata Luhut yang juga merupakan Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dalam konferensi pers virtual yang dipantau lewat YouTube, Selasa (6/7/2021).

Ia mengatakan, jika oksigen konsentrator dari Singapura, nantinya akan dipasok dari tempat lain.

Luhut menyebut, oksigen konsentrator itu digunakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Ia menjelaskan, oksigen konsentrator ini dapat mengambil oksigen dari udara bebas, lalu diproses sehingga bisa digunakan untuk membantu orang bernapas.

Baca Juga : Luhut Ungkap Pemerintah Sudah Hubungi Singapura dan China Terkait Penanganan Covid-19

"Ambil dari udara biasa, diproses dan bisa dihirup," ucapnya.

Baca Juga : Luhut : Mobilitas saat PPKM Darurat Menurun, tapi Masih Jauh dari Harapan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini