PPKM Darurat, Hari Ini Penumpang dari Luar Negeri Wajib Sudah Divaksin dan Karantina

Hasnugara, iNews · Selasa 06 Juli 2021 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 337 2436127 ppkm-darurat-hari-ini-penumpang-dari-luar-negeri-wajib-sudah-divaksin-dan-karantina-6VDDQJKdVh.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah mulai hari ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk sektor penerbangan khususnya penumpang dari luar negeri. Dimana penumpang baik WNA maupun WNI yang tiba dari luar negeri wajib sudah divaksin, membawa surat negatif PCR dan dikarantina selama delapan hari. Hal ini untuk memastikan pencegahan masuknya virus corona varian baru dari luar negeri.

(Baca juga: Hari Pertama PPKM Darurat, Ingat! Ini 14 Aturannya)

Kepala KKP Bandara Soetta, Darmawali Handoko, menjelaskan prosedur yang baru dalam rangka PPKM darurat untuk sektor penerbangan khususnya penumpang dari luar negeri.

“Prosedur yang baru diantaranya wajib dokumen kesehatan yang harus dibawa tidak hanya negatif PCR yang berlaku 2× 24 jam,”ujar Darmawali, Selasa (7/5/2021).

(Baca juga: Luhut Berikan Waktu hingga 7 Juli untuk Kapolda-Pangdam Jaya Tertibkan Penimbun Obat)

Namun ada persyaratan baru yaitu wajib sudah divaksin dan khusus wna harus sudah divaksin dosis kedua, disamping itu karantina tidak lagi lima hari, melainkan delapan hari dengan dua kali tes PCR selama masa karantina.

“Jika ada penumpang dari luar negeri belum divaksin, pemerintah akan memfasilitasi namun harus wajib negatif PCR. Nantinya ketika masa karantina selama delapan hari akan berakhir dilakukan vaksinasi, namun bagi warga negara asing pemerintah akan menyediakan vaksin mandiri berbayar,” tandasnya. 


(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini