Wamenlu Sebut Prokes Perjalanan Internasional Diselaraskan dengan PPKM Darurat

Widya Michella, MNC Media · Minggu 04 Juli 2021 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 337 2435379 wamenlu-sebut-prokes-perjalanan-internasional-diselaraskan-dengan-ppkm-darurat-mEATqzhR9x.jpg Wamenlu Mahendra Siregar (Foto: Widya Michella)

JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar menyampaikan pengaturan yang terkait dengan protokol kesehatan (Prokes) perjalanan internasional telah diselaraskan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli 2021.

"Hal ini sesuai Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sudah dikomunikasikan ke mancanegara," ujar Wamenlu dalam Konferensi Pers BNPB "Regulasi Pelaku Perjalanan Luar Negeri secara virtual, Minggu,(4/7/2021).

Baca Juga:  PPKM Darurat, Pelaku Perjalanan Internasional Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin dan Dikarantina 8x24 Jam

Ia menambahkan, hal tersebut telah disampaikan melalui perwakilan Indonesia di luar negeri, perwakilan negara asing serta organisasi internasional yang berada di Indonesia untuk dapat diantisipasi dan diterapkan sejak 6 Juli 2021.

Terkait mobilitas perjalanan internasional jalur udara, ia memaparkan hingga kini belum ada larangan untuk terbang namun perjalanan dilakukan pembatasan secara ketat.

"Sampai saat ini, peraturan terkait perjalanan internasional diselaraskan dengan peraturan yang berlaku. Jadi, selama konteks PPKM darurat dan juga belum ada larangan mobilitas udara sampai saat ini juga perjalanan internasional juga dilakukan tapi pembatasan secara ketat," ujarnya.

Baca Juga: Atasi Lonjakan Covid-19, Pemerintah Dirikan Tenda Peleton di Jawa dan Bali

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini