Share

Kemenag Izinkan Asrama Haji Digunakan Tempat Isolasi Covid-19

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Sabtu 03 Juli 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 337 2434989 kemenag-izinkan-asrama-haji-digunakan-tempat-isolasi-covid-19-J8CBXPF9oq.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BEKASI - Kementerian Agama mengizinkan pemanfaatan asrama haji sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Saat ini, da 25 asrama haji di seluruh Indonesia yang telah disiapkan dengan kapasitas mencapai 3.308 orang.

”Sampai hari kemarin (Jum’at), total sudah ada 1.003 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji,” kata Pelaksan Tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir sebagaimana keterangan tertulis, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga:  Hari Pertama PPKM Darurat, Kapolri Tinjau Penyekatan hingga Vaksinasi Massal

Menurutnya, dari 25 asrama haji yang telah disiapkan, ada tujuh asrama haji yang sudah mulai digunakan untuk ruang isolasi. Data per hari ini, kata Khoirizi, terbanyak di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, yaitu 612 orang. Mereka menempati 204 kamar dari 245 yang tersedia.

”Masih ada 41 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien Covid yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG,” ungkapnya. Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 126 orang yang sedang isolasi.

Baca juga:  Pertambahan Kasus Covid-19 Indonesia Kembali Pecah Rekor, Ini 5 Provinsi Penyumbang Terbanyak

Asrama haji berikutnya adalah Semarang (85), Pondok Gede (56), Di Yogyakarta (67), Lombok (32), dan Ambon (25).

”Kami terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, BNPB, Kodam dan Dinas Kesehatan setempat,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Saat ini, kata dia, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi. Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada pemerintah dan dinas Kesehatan setempat.

Sementara itu, Kepala Balitbang-Diklat Kemenag Ahmad Gunaryo mengatakan, pihaknya juga tengah menyiapkan kemungkinan digunakannya Balai Diklat Kemenag (BDK) sebagai ruang isolasi OTG.

”Ada 14 BDK di seluruh Indonesia yang bisa dipakai jika dibutuhkan untuk tempat isolasi,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini