Keraton Majapahit di Desa Kedaton atau Sentonorejo Trowulan?

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 03 Juli 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 337 2434801 keraton-majapahit-di-desa-kedaton-atau-sentonorejo-trowulan-cl4JNhy6TF.jpg Situs peninggalan Keraton Majapahit.(Foto:Dok Okezone)

PROF DR Slamet Muljana dalam bukunya, Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit, menggambarkan keindahan keraton Majapahit. Ia menuliskan, Keraton Majapahit menghadap ke arah barat. Di muka benteng ada lapangan sangat luas dikelilingi parit berisi air.

Beberapa bangunan kenegaraan, seperti balai agung tempat pertemuan dan balai manguntur atau pendapa agung tempat para pembantu utama menghadap Sang Prabu. Di tengah balai manguntur terdapat rumah kecil dengan takhta tempat duduk raja , balai witana.

Arkeolog dan Sejarahwan percaya bahwa letak kerajaan Majapahit di daerah Trowulan dan sekitarnya. Pemerintah telah menetapkan desa Trowulan sebagai situs cagar budaya kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Pertempuran Prajurit Majapahit versus Mongol di Sungai Kalimas?

Keberadaan keraton Majapahit diduga di desa Kedaton dan desa Sentonorejo. Di desa Kedaton diduga sebagai keraton Majapahit. Kata Jawa kedaton berarti istana.

Ke arah barat dari kompleks candi Kedaton ditemukan umpak-umpak berukuran besar sebanyak dua puluh buah yang tersusun memanjang sejajar. Juga pernah ditemukan pasak batu.

Menurut cerita lesan warga Trowulan, di daerah tersebut dipercaya tempat berkumpulnya para leluhur pada zaman Kerajaan Majapahit. Di lokasi itu sekarang dibangun Pendopo Agung oleh Komando Daerah Militer (Kodam) VIII Brawijaya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini