Berikut Sejumlah Alutsista Canggih Milik TNI

MNC Portal, · Jum'at 02 Juli 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 337 2434149 berikut-sejumlah-alutsista-canggih-milik-tni-gKMQ3E3KCR.jpg KRI Spica 934 (foto: istimewa)

JAKARTA - Demi mendukung kinerja prajurit TNI untuk menjaga kedaulatan negara, maka perlu disediakan alutsista atau alat utama sistem senjata TNI yang sangat mumpuni dan unggul.

Berikut adalah daftar alutsista canggih milik TNI yang dirangkum tim Litbang MNC Portal Indonesia :

1. MLRS Astros II MK 6 AV-LMU

 

TNI AD memiliki sebuah senjata peluncur roket dengan nama Multiple Louncher Rocket System atau MLRS yang diproduksi oleh Brazil. Dilansir dari laman resmi Dinas Kelaikan Angkatan Darat, alat ini mempunyai kemampuan meluncurkan roket hingga 32 buah, hanya dalam waktu 6 detik. Astros dikatakan mampu meluluh lantakkan basis pertahanan musuh dengan daya ledak yang hampir mencapai 2 hektar.

Baca juga:  Keren! Semua Alutsista TNI Akan Berbasis Digital

2. KRI Rigel 933 dan Spica 934

 

Alutsista canggih berikutnya yang dimiliki Indonesia adalah KRI Rigel 933 dan Spica 934 yang dibuat di Prancis. Kapal milik TNI AL ini merupakan kapal bantu hidro aseanografi dengan peralatan survei yang mampu mencapai kedalaman laut hingga 6 km. Kedua kapal ini memiliki panjang 60 meter, dengan bobot kosong 500 ton. Sementara, kecepatannya bisa mencapai 14 knots.

Baca juga:  Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia

Kapal ini didapuk sebagai kapal tercanggih di Asia dan mampu menghadapi ganasnya gelombang lait hingga level sea state six, serta kemampuan layar mencapai 20 hari. Sebagai pelengkap, terdapat kanon PSU Rheinmetall kaliber 20 mm yang ada pada haluan kapal. Adapula 2 buah senapan mesin berat kaliber 12,7 mm di geladak buritannya.

3. Helikopter Apache AH 64E

Helikopter serang milik Indonesia ini diproduksi di Amerika Serika. Apache AH 64E diketahui adalah helikopter digitalpertama kepunyaan Indonesia dan memiliki teknologi lebih canggih serta anyar, dibandingkan dengan helikopter serang milik Singapura. Senjata yang terdapat di helikopter ini adalah automatic gun Canon 30 mm dengan kemampuan menembus baja setebal 2-5 cm, roket yang mampu menghancurkan target hingga jarak 7 km dan misil air to ground.

Baca juga: Prabowo: Kita Akan Menambah Kekuatan Tempur TNI!

4. KRI I Gusti Ngurah Rai

Kapal perang canggih hasil kolaborasi PT PAL dengan DSNS Belanda ini memiliki kemampuan bertahan dari serangan udara yang umumnya dilancarkan oleh pesawat tempur. Kemuidian, KRI I Gusti Ngurah Rai juga didesain untuk bertahan dari serangan bawah laut dengan membiaskan gelombang elektromagnetik dari musuh, dan mampu berperang di permukaan laut.

Kemudian, dari bentuk fisiknya, pesawat ini memiliki panjang hingga 105,11 meter dengan lebar 14,02 meter dan bobot penuh 3.216 ton. Instrumen pelengkap yang ada di dalamnya adalah sonar 5,73 meter dengan kecepatan maksimalnya mencapai 28 knot. Kapal ini mengangku persenjataan yang juga tak kalah canggih, seperti rudah S SM Exocet MM40 Block 3 dengan kemampuan serangan hingga 200 km.

5. Skyshield Gun Missile 35 mm MK-2

Lanjutnya, ada Skyshield Gun Missile 35 mm MK-2 yang dibuat di Swiss. Alutsista ini adalah sebuah perisai pertahanan udara milik TNI AU. Diketahui, senjata ini mempunyai jarak jangkauan peluru higga 4 km dengan kecepatan 1.000 peluru per menitnya. Alat ini terdiri dari 2 unit meriam revolver kaliber 35 mm dan sebuah sensor pengendali atau radar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini