TNI AL Kerahkan Kapal Perang untuk Vaksinasi Warga di Kepulauan Seribu

Tim Okezone, Okezone · Kamis 01 Juli 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 337 2433742 tni-al-kerahkan-kapal-perang-untuk-vaksinasi-warga-di-kepulauan-seribu-xtQpUN1HM7.jpg Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di KRI Clurit-641 yang berlayar di perairan Kepulauan Seribu.

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan kapal perang KRI Clurit-641 dan KRI Surik-645 sebagai tempat vaksinasi Covid-19 untuk warga di Kepulauan Seribu, Jakarta, yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Kedua kapal perang tersebut dikerahkan dalam rangka percepatan program vaksinasi nasionalĀ sesuai instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengejar target satu juta vaksin per hari.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K saat memantau pelaksanaan vaksinasi mengatakan, vaksinasi kepada masyarakat maritim di Kepulauan Seribu ini merupakan kerjasama TNI AL, Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya.

Pangkoarmada I mengatakan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah menunda Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya ke-39 dan memerintahkan jajarannya membantu pelaksanaan program vaksinasi nasional dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki TNI AL, termasuk penggunaan kapal perang.

"KRI Clurit-641 dan KRI Surik-645 yang sebelumnya disiapkan untuk mengikuti latihan puncak TNI AL Armada Jaya tersebut, kini ditugaskan untuk menyasar pulau-pulau di Kepulauan Seribu guna memberikan vaksinasi kepada masyarakat maritim," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (1/7/2021).

TNI AL menerjunkan sedikitnya delapan orang vaksinator yang bekerjasama dengan vaksinator dari Puskesmas setempat dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari yang dimulai dari selasa kemarin.

Ruang yang terbatas tidak menyurutkan semangat para prajurit kedua KRI dan para vaksinatorĀ untuk melaksanakan tugasnya. Tidak hanya di kapal, mereka juga turun ke Pulau Kelapa dan Pulau Panggang untuk memberikan vaksin bagi penduduk didua pulau tersebut bagi masyarakat yang tidak memungkinkan ke kapal perang.

Baca Juga : Tinjau Serbuan Vaksinasi di Marinir, Kasal Instruksikan Jajarannya Perangi Covid-19

"Dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari tesebut, tercatat 237 masyarakat maritim di Kepulauan Seribu berhasil divaksin dan 17 orang ditunda pelaksanaannya berdasarkan hasil screening kesehatan yang dilaksanakan petugas sebelum pemberian vaksin," tutur Pangkoarmada I.

Baca Juga : Covid-19 Menggila, TNI AL Buka Gerai Vaksin di Wilayah Pesisir

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini