Sebelum Tenggelam, KMP Yunicee Terseret Arus hingga Miring 10 Derajat

Mohamad Chusna, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2433469 sebelum-tenggelam-kmp-yunicee-terseret-arus-hingga-miring-10-derajat-qlRGaEASpB.jpg Kapal tenggelam di Pelabuhan Gilimanuk. (Ist)

DENPASAR - Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menjelaskan kronologi tenggelamnya kapal motor penumpang (KMP) Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Selasa (29/6/2021).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan, dari penyelidikan, diketahui KMP Yunicee terseret arus. Setelah itu, kondisi kapal menjadi miring sehingga tenggelam.

"KMP Yunice terseret arus. Kemudian mengalami kemiringan 5-10 derajat hingga akhirnya tenggelam," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (30/6/2021).

Dia menjelaskan,kapal bertolak dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, pukul 17.29 WIB. Ketika berada di jarak 500 meter mendekati Pelabuhan Gilimanuk, arus kuat menyeret kapal hingga mengalami hempasan pada lambung bagian kanan kapal.

Pukul 19.06 Wita, kapal tenggelam dan saat ini diperkirakan berada di kedalaman 70 meter.

"Arus kuat bawah air diduga telah membuat kapal bergeser ke selatan dari lokasi tenggelam," ujarnya.

Budi menepis dugaan KMP Yunice tenggelam akibat tidak layak berlayar. Kapal buatan tahun 1992 itu terakhir masuk docking untuk perawatan rutin pada 14 Desember 2020.

Budi menyebut hingga kini ada 46 orang penumpang dan kru kapal yang dievakuasi. Rinciannya 36 orang dievakuasi ke Ketapang dan 10 lagi ke Gilimanuk, termasuk di dalamnya tujuh korban meninggal.

Dia juga akan meminta klarifikasi perusahaan operator kapal terkait simpang siurnya data manifes. Ini karena di daftar manifes total tercatat 57 orang, terdiri 41 penumpang, 13 kru kapal dan tiga lagi petugas bagian kantin kapal.

Baca Juga : Arus Laut Capai 1 Meter per Detik Saat KMP Yunicee Tenggelam

Sedangkan di posko Gilimanuk, terdapat 16 laporan orang hilang. "Dari jumlah itu, hanya lima orang yang terdaftar di manifes. Ini akan segera kita minta klarifikasi," tuturnya.

Baca Juga : TNI AL Kerahkan 2 Kapal Perang Bantu Evakuasi KMP Yunice

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini