Jhoni Ginting Pensiun, Widodo Ekatjahjana Didapuk Jadi Plt Dirjen Imigrasi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2433398 jhoni-ginting-pensiun-widodo-ekatjahjana-didapuk-jadi-plt-dirjen-imigrasi-uGtULds24j.jpg Plt Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana (Foto: Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H Laoly menunjuk Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI Widodo Ekatjahjana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi.

Hal tersebut dilakukan karena Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting telah memasuki masa pensiun pada Kamis besok, 1 Juli 2021. 

Di hari terakhirnya sebagai Direktur Jenderal Imigrasi, Jhoni Ginting mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh stakeholder yang menghadiri acara tersebut.

“Kepada rekan-rekan sejawat saya yang hadir, saya ingin menyampaikan terima kasih untuk seluruh dukungan dan bantuannya selama ini. Ingatlah hal yang baik tentang saya, sedangkan yang tidak baik mohon dimaafkan dan dilupakan," ujarnya.

Baca Juga: Pemeriksaan BPK, Kemenkumham Berhasil Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Jhoni berharap, Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik. “Saya berharap dan saya yakin bahwa Prof. Widodo nantinya akan dapat merampungkan pekerjaan yang belum terselesaikan secara jauh lebih baik.”

Mengamini pesan Jhoni Ginting, Plt Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana, menyatakan dirinya terus berupaya mengikuti perkembangan tugas dan fungsi keimigrasian. Kebijakan keimigrasian menitikberatkan pembatasan mobilitas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia sebagai penanggulangan penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Buronan Hendra Subrata Dipulangkan dari Singapura ke Jakarta Besok

Widodo juga memahami bahwa di waktu yang bersamaan, pemerintah berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dalam masa adaptasi kebiasaan baru sehingga terdapat pula penyesuaian terhadap kebijakan keimigrasian.

“Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi saya yang diberikan kepercayaan oleh Bapak Menteri Hukum dan HAM. Oleh karena itu, saya meminta dukungan dari semua pihak, khususnya jajaran Imigrasi, untuk membantu saya dalam menjalankan tugas-tugas yang dipercayakan kepada saya," tutur Widodo.

Sementara itu, Menkumham Yasonna H Laoly menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Jhoni Ginting. Ia memiliki kesan yang mendalam mengenai sepak terjang Jhoni Ginting selama menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

“Saya melihat perkembangan pelaksanaan fungsi imigrasi di bawah kepemimpinan Bapak Jhoni Ginting yang semakin banyak melakukan inovasi, baik pelayanan maupun penegakan hukum. Di saat awal Pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Imigrasi telah melakukan upaya antisipasi pencegahan masuknya Covid-19 dengan melarang masuk seluruh orang asing dengan riwayat perjalanan dari RRT saat Covid-19 mulai melanda Tiongkok. Ditjen Imigrasi juga terus aktif dan produktif, regulasi demi regulasi terus disusun untuk melindungi seluruh warga Indonesia dari ancaman gelombang pandemi yang lebih besar,” tuturnya.

Yasonna menyampaikan harapannya kepada Plt Dirjen Imigrasi agar selalu sigap, melihat tugas tersebut merupakan tugas yang berpacu antara penyesuaian, pembelajaran dan pelaksanaan dalam satu waktu.

Jhoni Ginting diangkat sebagai Dirjen Imigrasi pada 4 Mei 2020 setelah sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham RI.

Sementara itu Widodo Ekatjahjana merupakan Gurur Besar Hukum Tata Negara Universitas Jember. Pria berusia 50 tahun ini baru saja dilantik sebagai Kepala BPHN pada Kamis 17 Juni 2021 setelah sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham RI.

Pelantikan dilakukan secara hybrid yang dihadiri secara virtual oleh para kepala kantor imigrasi dan rumah detensi imigrasi se Indonesia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini