Menko PMK: Kasus Covid-19 Anak Indonesia Tertinggi di Dunia

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 30 Juni 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2433271 menko-pmk-kasus-covid-19-anak-indonesia-tertinggi-di-dunia-hy0dSShvFO.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengakui awalnya pemerintah dan para ahli menganggap Covid-19 tidak terlalu menyasar anak. Namun, belakangan dugaan itu salah. Saat ini jumlah anak yang terpapar virus corona di Indonesia jadi yang tertinggi di dunia.

"Kita tahu pada awalnya sangat yakin betul bahwa Covid ini akan lebih menghajar usia dewasa, terutama mereka yang sudah tidak lagi memproduksi imunitas secara baik, sementara anak-anak itu produksi imunitasnya masih sangat tinggi, kemudian kecil terpapar covid. Ternyata dugaan itu sekarang salah," kata Muhadjir saat menghadiri Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Muhadjir menyebut, saat ini virus corona sudah menyasar anak. Per 29 Juni 2021, ada 12,6 persen kasus Covid-19 yang menyasar anak usia 0-18 tahun. Rinciannya 2,9 persen kasus terjadi di usia 0-5 tahun dan 9,7 persen terjadi di anak berusia 6-18 tahun. Sebagian besar tanpa gejala dan bergejala ringan.

Baca Juga : Jokowi: Kasus Covid di RI Melonjak Drastis Gegara Libur Lebaran dan Varian Baru

"Sedangkan kasus yang membutuhkan perawatan sebanyak 3,1 persen berusia 0-5 tahun, dan 10,4 persen berusia 6-18 tahun. Menurut Ketua IDAI, kasus Covid-19 pada anak di Indonesia sekitar 11 sampai 12 persen termasuk kasus anak yang tertinggi di dunia. Sebaran kasus Covid anak ini terjadi di seluruh provinsi," ujar Muhadjir.

Atas kasus ini, Muhadjir meminta KPAI memberikan perhatian khusus pada kasus Covid-19 pada anak. Ketua PP Muhammadiyah itu ingin jajaran KPAI di daerah proaktif terlibat dalam aksi-aksi pencegahan virus corona pada anak.

Baca Juga : Covid-19 Melonjak, Jokowi: Jangan Hanya Bicara Ekonomi, tapi Tak Lihat Kesehatan

"Saya mohon dukungan di KPAI khusus memberikan perhatian kasus yang sudah menjalar ke anak. Kita gerakkan tangan-tangan KPAI di daerah untuk turun di lapangan dan tidak hanya membuat laporan," tutur Muhadjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini