Pesan Wapres Agar Vaksin Covid-19 Bisa 2 Juta Per Hari

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2433193 pesan-wapres-agar-vaksin-covid-19-bisa-2-juta-per-hari-UYEJrLWsR0.jpeg Wapres KH Ma'ruf Amin

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan pemerintah terus melakukan upaya percapatan percepatan vaksinasi. Setidaknya 70% atau 181,5 juta penduduk harus divaksinasi agar herd immunity atau kekebalan komunal dapat terbentuk.

Saat ini pemerintah menargetkan 1 juta vaksinasi per hari pada bulan Juli. Lalu pada bulan Agustus ditargetkan menjadi 2 juta vaksinasi per hari.

“Untuk mencapai target tersebut, program vaksinasi di daerah harus selaras dengan program vaksinasi nasional,” saat hadir secara virtual di acara Vaksinasi Massal Tahap II kerjasama Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Traveloka dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Rabu (30/6/2021).

Dia mencontohkan untuk Kota Tangerang Selatan yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa maka setidaknya sekitar 800 ribu orang harus divaksinasi agar kekebalan komunal terccapai.

“Dengan target vaksinasi minimal 5.000 orang per hari. Untuk itu, Saya sangat mendorong percepatan capaian target vaksinasi melalui sentra vaksinasi seperti yang dilakukan pada hari ini,” tuturnya.

Baca Juga : Kematian Anak Akibat Covid-19 Tertinggi di Dunia, Ini Pesan Pemprov DKI untuk Orangtua

Pada kesempatan itu Maruf mengingatkan bahwa vaksinasi tidak berarti membuat terbebas dari covid-19. Dia mengatakan vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan.

“Tetapi vaksinasi mampu mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19. Tentunya pelaksanaan vaksinasi harus ditunjang dengan kemampuan pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) dan masyarakat berdisiplin menegakkan protokol kesehatan 5M,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini