Cukupi Oksigen RS Covid-19, Pemerintah Datangkan 50 Iso Tank dari Morowali

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2433172 cukupi-oksigen-rs-covid-19-pemerintah-datangkan-50-iso-tank-dari-morowali-R6FCVpSzXN.jpeg Wamenkes Dante Saksono (Foto: Sindo)

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono memastikan, kebutuhan oksigen untuk pasokan rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia saat ini masih cukup.

“Dan utility medis yang kami perlukan adalah oksigen. Dan oksigen ini secara kapasitas produksi sebenarnya mencukupi di seluruh Indonesia,” kata Dante dalam Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga:  Kematian Anak Akibat Covid-19 Tertinggi di Dunia, Ini Pesan Pemprov DKI untuk Orangtua

Dante mengatakan, yang menjadi masalah hanyalah distribusinya. “Masalahnya adalah masalah distribusi dan ini sudah kita evaluasi bagaimana melakukan distribusi,” katanya.

Saat ini, kata Dante, untuk mencukupi pasokan oksigen di sejumlah RS Covid-19 pemerintah akan mendatangkan sekitar 50 Iso tank dari Morowali, Sulawesi Tengah. “Kita bekerjasama dengan pihak swasta, kita akan mendatangkan sekitar 50 Iso tank dari Morowali.”

Dante mengatakan, Pertamina juga akan memberikan bantuan 5 Iso tank oksigen. Sehingga, kata Dante, jika dikumpulkan maka bisa mencukupi kebutuhan 866 ton oksigen per hari.

“Kemudian dengan bantuan Pertamina kita mendapatkan 5 Iso tank oksigen. Kemudian, dari beberapa pabrik kita kumpulkan, bahwa kita sebenarnya bisa menyediakan sekitar 866 ton per hari dan ini sudah mencukupi wilayah yang membutuhkan oksigen,” paparnya.

Baca Juga:  Anies Baswedan: Vaksinasi Ulama Wujud Ikhtiar Perlindungan untuk Pemuka Agama

Dante mengatakan, yang menjadi kendala hanya masalah distribusi. Dan saat ini, Kemenkes telah berupaya untuk mengatur distribusi agar optimal. “Hanya masalahnya adalah masalah distribusi, sedang kita atur supaya distribusi ini bisa optimal. Sehingga nanti semua rumah sakit mana bisa mendapatkan oksigen dengan cukup,” tuturnya.

“Karena oksigen ini adalah salah satu masalah yang penting dalam penanganan Covid. Karena masalah Covid yang terganggu adalah proses oksidasi di paru untuk kasus-kasus yang sedang dan berat,” papar Dante.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini