Jokowi Akan Segera Umumkan Penerapan PPKM Darurat

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 30 Juni 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2432995 jokowi-akah-segera-umumkan-penerapan-ppkm-darurat-1Jfm8zFNrI.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan segera mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di tengah gelombang kedua infeksi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Kepala Negara disebut telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan sebagai Koordinator PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Hal itu telah dikonfirmasi oleh Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi.

"Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali," ujarnya melalui keterangan tertulis dikutip Rabu (30/6/2021).

Beredar informasi bahwa pengumuman PPKM Darurat akan diumumkan kemarin, Selasa (29/6/2021). Namun hal itu urung terlaksana. Menurut Jodi hingga saat ini pemerintah sedang memformulasikan tindakan pengetatan yang akan diambil.

Baca juga: Pemprov DKI Tunggu Arahan Pemerintah Terapkan PPKM Darurat

"Saat ini sedang diformulasikan tindakan pengetatan yang akan diambil. Pengumuman resmi akan disampaikan oleh pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut, Jodi memastikan supermarket, mall, dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang dipersingkat dan protokol kesehatan yang lebih ketat.

"Dimohon agar tidak panik dengan adanya berita yg beredar di grup whatssapp. Agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, vaksinasi bagi yang sehat dan terus waspada," tutur dia.

Baca juga: Sebelum PPKM Darurat, Epidemiolog Minta Pemerintah Perbaiki 3 Hal Ini

Kasus positif Covid-19 di Tanah Air melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Tingkat keterisian rumah sakit hampir mencapai angka 100 persen.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban menyarankan agar pemerintah segera menerapkan lockdown untuk mengentikan laju penyebaran Covid-19.

“Saya kembali ulangi saran saya, lockdown. Semua liburan dan perjalanan tidak penting harus dihentikan sejenak. Lakukan lockdown sebelum telat. Situasi bisa berubah jadi mengerikan,” kata Zubairi dikutip dari akun Twitter @ProfesorZubairi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini