Kasatgas Covid-19 Sebut Perlindungan Nakes Ditangani Sepenuhnya oleh Kemenkes

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2432984 kasatgas-covid-19-sebut-perlindungan-nakes-ditangani-sepenuhnya-oleh-kemenkes-pXA41WWZbh.jpg Tenaga kesehatan (nakes).(Foto:Dok Okezone).

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Kasatgas), Ganip Warsito mengatakan, perlindungan tenaga kesehatan (nakes) saat ini sepenuhnya ditangani oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Saya mohon maaf kepada Bapak Ibu sekalian, khususnya yang terkait dengan masalah perlindungan nakes, banyak yang melapor ke saya, dan saya sedang meneruskan kepada Bapak Menkes untuk bisa ditindaklanjuti,” kata Ganip dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional yang ditayangkan YouTube Pusdalops BNPB, dikutip Rabu (30/6/2021).

Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambahkan, sebelumnya dalam penanganan Covid-19 yang secara teknis awalnya di bawah Satuan Tugas (Satgas) Nasional di bawah BNPB. Kini langsung ditangani oleh Kementerian teknis terkait, seperti perlindungan nakes langsung di bawah koordinasi Kemenkes.

Baca Juga: Rencana PPKM Darurat, Kasatgas: Instruksi Mendagri Direvisi untuk Pengetatan Penanganan Covid-19

Satgas Nasional dalam arti institusi atau BNPB secara kedaulatan hukum itu, tetapi yang terkait dengan Kementerian teknis, untuk diketahui jadi tidak semua lagi tadi handle atau ditangani oleh Satgas Nasional dalam hal ini BNPB.

Selain itu perlindungan nakes, Ganip juga mengatakan khususnya dalam pengadaan obat yang spesifik dalam rangka penanganan Covid-19 secara teknis juga akan ditangani oleh Kemenkes.

“Ini yang perlu saya koordinasikan, sehingga mohon maaf kalau dulu bisa didukung oleh BNPB, mungkin sekarang kepentingan untuk itu sudah dialihkan atau dikerjakan oleh Kementerian, yang paling menonjol adalah hal yang terkait dengan perlindungan nakes khususnya dalam konteks pengadaan obat-obat yang spesifik obat khusus,” papar Ganip.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini