Rencana PPKM Darurat, Kasatgas: Instruksi Mendagri Direvisi untuk Pengetatan Penanganan Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 337 2432977 rencana-ppkm-darurat-kasatgas-instruksi-mendagri-direvisi-untuk-pengetatan-penanganan-covid-19-nZvbTP9SCA.jpg Ilustrasi (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Pemerintah dikabarkan akan mengambil langkah untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang menjadi pengganti PPKM mikro. Dalam hal ini, akan dilakukan revisi Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2021 tentang PPKM mikro.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Kasatgas), Ganip Warsito mengatakan, dalam revisi Imendagri ini nantinya adalah untuk pengetatan penanganan Covid-19. Ganip juga telah meminta Satgas Daerah untuk menyiapkan pengkondisian menuju pengetatan ini.

“Intinya, sambil menunggu perubahan dari ketentuan Imendagri Nomor 14 yang kemarin, yang sudah kita pedomani sampai hari ini, kita siapkan pengkondisiannya, prakondisi untuk menuju ke arah sana,” kata Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB dalam dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional yang ditayangkan Youtube Pusdalops BNPB, dikutip Rabu (30/6).

Baca Juga: Catat! PPKM Darurat Bakal Berlaku 2-20 Juli 2021

Ganip mengatakan yang akan diperketat dalam revisi Imendagri tentang PPKM ini nantinya adalah perpanjangan waktu berlaku PPKM, kemudian pengendalian dalam penggunaan fasilitas umum, pengaturan kegiatan esensial dan nonesensial seketat mungkin terutama di daerah zona merah dan orange Covid-19.

“Jadi, yang akan diperketat nanti, selain akan diperpanjang waktunya, itu juga akan diperketat ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengendalian kegiatan yang bersifat dalam penggunaan fasilitas-fasilitas umum, fasilitas sosial, kecuali yang esensial, yang non esensial akan kita kan atur seketat mungkin, terutama untuk daerah yang merah dan orange,” papar Ganip.

Sehingga, Ganip menegaskan dengan pemberlakuan pengetatan ini diharapkan akan bisa mengendalikan kasus Covid-19 harian serendah-rendahnya. “Mudah-mudahan dengan pengetatan ini, lonjakan kasus setiap hari bisa terkendali sampai dengan serendah-rendahnya,” tegasnya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini