Cerita Soeharto tentang BJ Habibie: Saya Tidak Mengistimewakan Dia

Tim Okezone, Okezone · Rabu 30 Juni 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 337 2432494 cerita-soeharto-tentang-bj-habibie-saya-tidak-mengistimewakan-dia-Nr4EeYbLH4.jpg Presiden RI ke-2 Soeharto.(Foto:Dok Okezone)

SOEHARTO yang merupakan PresidenIndonesia kedua, memiliki hubungan yang erat dengan BJ Habibie. BJ Habibie merupakan salah satu putra bangsa yang cemerlang, bahkan menjadi presiden penerus Soeharto.

Suatu waktu, Soeharto sempat menulis catatan pribadi berkenaan dengan ulang tahun BJ Habibie yang kelima puluh.

"Dengan ini pun, saya tidak mengistimewakan dia. Saya memberikan kesempatan yang sama kepada semuanya. Tetapi nyatanya, Habibie yang bisa menangani," jelas Soeharto, dikutip dari buku Soeharto: Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya, Otobiografi yang diterbitkan PT Citra Kharisma Bunda.

Soeharto menyebut jika memang ada sejumlah pihak yang curiga terhadap Habibie. Karena dia adalah didikan Jerman. Orang lain seperti berpikir bahwa Habibie itu akan mempengaruhi Pak Harto karena ia pandai.

Baca Juga: Cerita Presiden Soeharto Tidak Pernah Kenakan Atribut dan Bintang, Ini Alasannya

Menurut Soeharto, orang lain tidak tahu bahwa Habibie selalu meminta nasihat dari dirinya. Habibie tidak menempatkan diri sebagai orang yang paling tahu.

Setiap memberikan laporan, sampai berjam-jam lamanya Habibie bersama Soeharto karena dia ingin menangkap apa pendapat sang presiden, termasuk bagaimana filsafat Soeharto.

"Dan setelah ia menangkap pendirian saya, filsafat saya, ia mengembangkannya sesuai dengan keahliannya sebagai insinyur," jelas dia.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini