Reaksi KPK saat Gedungnya Ditembaki Laser ' Berani Jujur Pecat'

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 29 Juni 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 337 2432486 reaksi-kpk-saat-gedungnya-ditembaki-laser-berani-jujur-pecat-drDZ1gvO3r.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri angkat bicara terkait 'tembakan' laser yang dilakukan Organisasi Lingkungan Global, Greenpeace Indonesia. Kata Ali, pihaknya mengapresiasi siapapun yang senantiasa mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.

(Baca juga: Pecah Rekor! Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Tembus 7.123 Orang)

Demikian diungkapkan Ali menanggapi aksi tembakan laser yang dilakukan Greenpeace Indonesia pada Senin, 28 Juni 2021, malam. Di mana, Gedung Merah Putih KPK, tadi malam diwarnai tulisan kritis yang diantaranya, 'Berani Jujur Pecat' hingga '#Mosi Tidak Percaya' menggunakan laser berwarna.

(Baca juga: Penggali Kubur Korban Covid Kewalahan, Bupati Tangerang Tambah Petugas)

"KPK mengapresiasi pihak-pihak yang senantiasa mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia. Karena kami sadari betul bahwa setiap bagian masyarakat punya perannya masing-masing untuk ikut mendukung pemberantasan korupsi," kata Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (29/6/2021).

Ali menyindir tulisan 'Berani Jujur Pecat' yang mewarnai Gedung KPK pada malam tadi. Menurutnya, jargon pemberantasan korupsi yang kerap didengungkan KPK yakni 'Berani Jujur Hebat', bukan 'Berani Jujur Pecat'.

"KPK tak bosan-bosan terus mengajak masyarakat melalui jargon-jargon antikorupsi, diantaranya BERANI JUJUR HEBAT. Karena jujur dan delapan nilai antikorupsi lainnya merupakan sikap dasar yang harus kita tanamkan dengan sungguh-sungguh agar tak terjerumus pada korupsi," beber Ali

"Masyarakat tentu masih ingat dengan sembilan nilai antikorupsi, bukan? Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil," imbuhnya.

Atas dasar itu, Ali menilai kurang tepat jika ada pihak yang menuliskan 'Berani Jujur Pecat'. Sebab, menurut Ali, jargon yang tepat untuk pemberantasan korupsi yakni 'Berani Jujur Hebat'. "Jadi mengenai jargon Berani Jujur Pecat, kami rasa yang tepat BERANI JUJUR HEBAT," pungkasnya.

Sekadar informasi, Gedung Merah Putih KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, dihiasi oleh berbagai warna-warni tulisan kritis, pada Senin, 28 Juni 2021, malam hari. Warna-warni tulisan itu bersumber dari sebuah laser yang kemudian 'ditembaki' ke arah Gedung KPK.

'Tembakan' laser tersebut berwarna merah dan hijau yang menyala di bagian samping kanan, kiri, dan depan Gedung KPK. Laser tersebut membentuk sebuah tulisan yang diantaranya, 'Berani Jujur Pecat', '#Mosi Tidak Percaya', 'Save KPK', hingga 'Rakyat Sudah Mual'.

Aksi kreatif tersebut ternyata diinisiasi oleh Organisasi Lingkungan Global, Greenpeace Indonesia. Aksi tersebut dilakukan Greenpeace Indonesia sebagai langkah dalam memperjuangkan keadilan terhadap 51 pegawai KPK yang terancam dipecat karena tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Sejumlah pesan terproyeksi di gedung KPK malam ini, menyampaikan pesan untuk menyelamatkan lembaga antikorupsi ini dari cengkeraman oligarki," kata Juru Bicara #BersihkanIndonesia asal Greenpeace Indonesia, Asep Komaruddin melalui keterangan resminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini