Satgas: Penanganan Covid-19 dari Hulu Harus Kuat, Supaya Hilir Tidak Kolaps

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 28 Juni 2021 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 337 2432143 satgas-penanganan-covid-19-dari-hulu-harus-kuat-supaya-hilir-tidak-kolaps-ftGwEVQLoX.jpg Kasatgas Covid-19 Ganip Warsito (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito meminta penanganan Covid-19 di hulu harus diperkuat dengan menegakkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Upaya ini dilakukan agar di hilir tidak kolaps.

Ganip pun meminta agar Satgas Covid-19 di daerah atau Posko PPKM mikro melaporkan jika memiliki kesulitan dalam pelaksanaan tugasnya.

“Kesulitan-kesulitan yang dialami dengan mikro hendaknya betul-betul dilaporkan dan bisa kemudian kita carikan jalan keluarnya. Karena sekali lagi hulu inilah yang harus kuat, supaya hilirnya tidak menjadi keruh ataupun kolaps,” katanya dalam dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional secara virtual, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Ketua Satgas Pastikan RS Lapangan Ijen Boulevard Malang Siap Antisipasi Lonjakan Covid-19

Ganip juga meminta agar Satas bisa melaporkan data dan memberikan masukan sebagai evaluasi penanganan Covid-19 di daerah. “PPKM mikro atau posko PPKM mikro sebagai satu wadah atau salah dalam rangka pengendalian kegiatan ini betul-betul bisa mendata, kemudian melaporkan, memberikan masukan kepada posko di atasnya sehingga bisa menjadikan bahan evaluasi untuk pembinaan,” katanya.

“Kalau kesulitan di lapangan tidak sampaikan, ya nggak akan diberikan solusi atau jalan keluarnya. Banyak kita mendapat masukan bahwa secara sarana dan PPKM mikro itu perlu bantuan perlu dukungan untuk melakukan tugas-tugasnya,” jelas Ganip.

Baca juga: Kepala BNPB Ganip Warsito Kunjungi Anies, Ini yang Dibahas

Misalnya, kata Ganip, terkait dengan logistik dalam pelaksanaan PPKM mikro hingga lokasi isolasi mandiri bila ada warga yang terpapar virus corona.

“Kemudian juga dalam konteks melakukan isolasi mandiri, mungkin Babinsa, Kepala Desa itu butuh obat-obatan, ini juga disampaikan supaya KL terkait, kementerian dan lembaga terkait sehingga dalam penanganan ini mendapat masukan untuk bisa betul-betul mendukung implementasi dari program PPKM mikro melalui posko-posko PPKM mikro yang sudah terbentuk di seluruh Indonesia ini," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini