Cerita Presiden Soeharto Telat Sunat: Tidak Gampang Kumpulkan Biaya

Selasa 29 Juni 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 337 2431971 cerita-presiden-soeharto-telat-sunat-tidak-gampang-kumpulkan-biaya-FpmXObQ3Ts.jpg Presiden RI Kedua, Soeharto. (Foto: Dok. Okezone)

PRESIDEN Kedua Indonesia, Soeharto merupakan sosok yang dibesarkan dengan sederhana. Pak Harto, begitu biasa dia disapa, bukanlah keturunan ningrat.

Bahkan Soeharto mengakui, dirinya "telat" disunat. Alasan telat sunat ini adalah akibat faktor biaya.

BACA JUGA: Cerita Presiden Soeharto Tidak Pernah Kenakan Atribut dan Bintang, Ini Alasannya 

"Terhitung sudah agak tua waktu saya disunat, yakni pada umur 14 tahun. Mungkin sebabnya cuma karena tidak gampang mengumpulkan biaya," begitu ungkap Soeharto, dikutip dari buku Soeharto: Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya, Otobiografi yang diterbitkan PT Citra Kharisma Bunda.

"Dan begitu pun selamatan yang diadakan amat sederhana saja. Namun bagaimanapun, rasanya saya merasa gembira. Dan memang saya bersyukur," lanjut beliau.

BACA JUGA: Kisah Soeharto Tendang Dinding SD Inpres hingga Ambruk

Walau begitu, Soeharto tetap merasakan manfaat dari sunat yang dia lakukan. Dia merasa kondisi badannya menjadi jauh lebih sehat.

"Sesuai dengan percakapan orang tua, setelah saya disunat, rasanya badan saya cepat menjadi tinggi dan kekar, tumbuh jadi besar. Padahal apa yang disediakan untuk saya tetap sama. Makanan yang tersedia tidak bertambah," jelas Soeharto.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini