Singapura Anggap Covid-19 Seperti Flu Biasa, PB IDI: Jangan Bandingkan Kita dengan Mereka

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 28 Juni 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 337 2431906 singapura-anggap-covid-19-seperti-flu-biasa-pb-idi-jangan-bandingkan-kita-dengan-mereka-B2i5dRHIfk.jpg Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Singapura sedang mempersiapkan agar masyarakatnya menghadapi Covid-19 sebagai flu biasa. Covid-19 di Negeri Singa itu, akan ditangani seperti penyakit endemik lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia?. Diketahui, saat ini kasus di Indonesia per 27 Juni 2021 juga mengalami kenaikan yang tertinggi selama pandemi Covid-19 yakni sebanyak 21.342 kasus. Sehingga kasus Covid-19 di Tanah Air total 2.115.304 kasus.

Merespons hal ini, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban, meminta agar tidak latah membandingkan Indonesia dengan Singapura yang memperlakukan Covid-19 seperti flu biasa.

“Jangan latah dan membandingkan kita dengan Singapura yang akan perlakukan Covid-19 seperti flu biasa,” tegas Zubairi lewat media sosial pribadinya, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Pasien Covid-19 Membeludak, Hidayat Nur Wahid Dukung Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi

Zubairi menegaskan, pekerjaan rumah Indonesia untuk menangani Covid-19 masih banyak. Di antaranya varian Delta yang semakin banyak terdeteksi di Indonesia. Kemudian, tingkat vaksinasi Covid-19 juga masih rendah. Selain itu, testing juga ditambah rumah sakit di sejumlah wilayah juga over capacity.

“Pekerjaan rumah kita masih banyak: Varian Delta + tingkat vaksinasi masih rendah + testing rendah + rumah sakit penuh. Mari fokus penanganan di negara sendiri,” tegas Zubairi.

Diketahui, Singapura Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong, kemudian Menteri Keuangan Lawrence Wong, dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung menegaskan prioritas negara itu dalam berapa bulan ke depan yakni mempersiapkan Singapura untuk hidup dengan Covid-19 sebagai penyakit yang akan terjadi lagi dan dapat dikendalikan.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini