Viral Foto Selfie E-KTP Diperjualbelikan, Polri Lakukan Penyelidikan

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 25 Juni 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 337 2430874 viral-foto-selfie-e-ktp-diperjualbelikan-polri-lakukan-penyelidikan-4DAOwMHrXJ.jpg Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Bareskrim Polri menyatakan bakal melakukan penyelidikan terkait viral dugaan jual-beli foto selfie orang-orang yang memegang e-KTP di media sosial (medsos). 

Informasi ini beredar di media sosial dan menjadi viral usai dicuitkan oleh akun @recehvasi. Disebutkan bahwa data dan foto-foto berkaitan dengan KTP dapat tiba-tiba tersebar dan diperjualbelikan oleh orang tak bertanggung jawab.

"Sedang dilakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Viral Video Nakes yang Tengah Hamil Meninggal karena Covid-19, Lautan Tangis Mengiringi

Penelusuran terhadap informasi tersebut, tengah dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Namun demikian, polisi masih mendalami kebenaran dari dugaan adanya data diri yang diperjualbelikan tersebut. 

Diketahui, dalam cuitan yang viral di media sosial, pemilik akun memberikan imbauan agar masyarakat waspada dengan modus jual-beli data dan foto KTP di medsos.

Baca juga: Viral! Hancurkan HP Pakai Palu, Santri Ini Disambut Tepuk Tangan Gembira

Kemudian, dia membagikan hasil tangkapan layar suatu unggahan di platform media sosial yang belum dapat dipastikan. Terlihat, admin yang menggungah postingan itu menjual sejumlah foto KTP beserta dengan foto diri (selfie) pemilik yang sedang memegang KTP. 

"Ready KTP selfie HD Minat Pm aja bahan masih fress," tulis akun dengan menambahkan beberapa contoh foto selfie dan KTP yang diduga dijual.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini