Menkes: 3 Rumah Sakit Pemerintah 100% Tangani Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 25 Juni 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 337 2430807 menkes-3-rumah-sakit-pemerintah-100-tangani-covid-19-XA8PwTmPSk.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Biro Pers)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini kasus Covid-19 mencapai rekor tertinggi. Kemarin, kasus Covid-19 tembus angka 20.000 lebih.

Salah satu intervensi pemerintah yakni dengan mengkonversi rumah sakit milik pemerintah di Jakarta menjadi 100% untuk Covid-19.

“Situasi saat ini di Indonesia, jumlah kasusnya sudah mencapai titik yang tinggi kemarin ya 20.000 per hari,” kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga:  Gawat! 154 Anggota DPR dan Staf Positif Covid-19

Budi mengatakan, pihaknya terus memonitor perkembangan kasus ini. “Di Kemenkes memahami situasi ini dan selalu memonitor apa saja yang terjadi di masyarakat agar kita bisa segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi segera hal-hal yang memang perlu kita lakukan intervensi.”

Terutama terkait keterisian tempat tidur, Budi mengatakan khusus di DKI Jakarta pihaknya melakukan konversi tiga Rumah Sakit. “Mengenai ketersediaan tempat tidur, khususnya di daerah DKI Jakarta. Saya bersama Pak Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, dan juga pak gubernur selalu mengkoordinasikan untuk memastikan agar jumlah tempat tidur yang ada, cukup dan mengikuti perkembangan jumlah kasus yang masuk.”

“Diketahui dalam seminggu terakhir ini, kita sudah mengambil beberapa keputusan diantaranya adalah mengkonversikan 3 rumah sakit besar pemerintah yaitu Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Sulianti Saroso, dan Rumah Sakit Persahabatan untuk menjadi 100% rumah sakit yang menangani Covid,” ungkap Budi. 

Sehingga, kata Budi, dengan demikian ada ratusan tempat tidur baru lengkap dengan peralatan, lengkap dengan dokter-dokter yang berpengalaman lengkap dengan perawat-perawat yang berpengalaman untuk bisa melayani para pasien yang sakit di DKI Jakarta.

“Dan diharapkan minggu ini konvensi tersebut bisa selesai sehingga bisa menambah jumlah tempat tidur untuk melayani rakyat Jakarta yang sudah lengkap langsung dengan fasilitas dan tenaga kesehatannya,” papar Budi.

Baca Juga: Kapasitas RS Darurat Covid-19 di DKI Jakarta Ditambah hingga 7 Ribu Tempat Tidur

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini