Bantah Pasokan Menipis, Menkes: Oksigen yang Ada Itu Cukup!

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 25 Juni 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 337 2430798 bantah-pasokan-menipis-menkes-oksigen-yang-ada-itu-cukup-g31DBx4oE9.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia masih cukup aman. Dia pun menepis isu pasokan oksigen di sejumlah rumah sakit menipis.

“Bapak Ibu juga mungkin mendengar mengenai isu oksigen. Kami bisa sampaikan disini bahwa oksigen yang ada itu cukup. Oksigen yang ada itu cukup,” tegas Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (25/6/2021).

Menurut Budi, selama ini kapasitas produksi oksigen di Indonesia sebagian besar untuk industri yakni 75%. Sedangkan 25% lainnya untuk medis.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya sudah meminta komitmen dari para suplier-suplier oksigen untuk mengalihkan produksinya untuk medis.

Baca juga: Tekan Covid-19, Menkes: Kita Tangani dari Hulu ke Hilir

“Nah kami sudah mendapatkan komitmen daripada supplier-supplier oksigen ini, bahwa mereka bisa mengalihkan yang kapasitas oksigen buat industri ke oksigen medis, karena yang kapasitas oksigen industri itu bisa diisi oleh perusahaan-perusahaan oksigen asing lainnya,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut dia, oksigen yang digunakan untuk industri baru terpakai 25% sehingga, masih ada ruang yang cukup untuk mensuplai oksigen bagi medis.

Baca juga: Keterisian Rumah Sakit Covid-19 di Kota Bogor Capai 83,5 Persen

“Sehingga dengan demikian kita masih punya room yang cukup,” tegasnya.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini