Covid-19 Melonjak, Muhammadiyah Ingatkan Pemerintah Pusat-Daerah Harus Seirama

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 25 Juni 2021 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 337 2430615 covid-19-melonjak-muhammadiyah-ingatkan-pemerintah-pusat-daerah-harus-seirama-eVYh6cG2nb.jpg Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA  -  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir prihatin dengan lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Ia berpesan kepada seluruh pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain kewajiban masyarakat mematuhi protokol kesehatan, pemerintah pusat dan daerah harus seirama dan konsisten dalam menerapkan kebijakan pengendalian wabah ini.

"Masyarakat agar semakin berdisiplin tinggi mengikuti protokol kesehatan. Sebaiknya jangan bepergian kecuali yang sangat mendesak, urgen, dan aman secara prokes. Kegiatan yang melibatkan banyak orang dan tidak urgen semestinya dihentikan seperti rekreasi, studi banding, pertemuan, dan sejenisnya," tutur Haedar melalui keterangan resmi, Kamis (24/6/2021).

Haedar ingin ketaatan terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro berangkat dari kesadaran, sehingga tidak ada upaya mencari celah untuk melanggar.

Baca Juga: Covid-19 Mengganas, Pemerintah Pertebal Personel Pemantau Prokes saat Idul Adha

Menurut dia kesadaran amat dibutuhkan dalam kondisi seperti sekarang. Pasalnya, wabah ini menyangkut keselamatan jiwa bersama, bukan lagi urusan orang perorang.

"Masalah pandemi ini menyangkut keselamatan jiwa bersama, bukan lagi urusan kelompok atau orang perorang. Satu saja di antara warga lalai, abai, ceroboh, dan nekat maka berpengaruh terhadap yang lainnya. Sudah tinggi, saatnya semua warga bangsa bersikap superwaspada dalam menghadapi keadaan yang genting ini. Masalah ini bukan soal sikap takut atau tidak takut serta paranoid atau tidak, tetapi menyangkut pertaruhan keselamatan jiwa dan hajat hidup manusia keseluruhan yang harus dijaga dengan seksama serta agar kasus Covid-19 tidak semakin berat," imbuh Haedar.

Karena itu, Haedar meminta kepada pemerintah dari pusat sampai daerah dengan seluruh kelembagaan atau instansinya agar betul-betul menerapkan kebijakan yang konsisten, terpadu, dan berada dalam satu langkah yang sama, termasuk dalam menerapkan PPKM mikro.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini