Covid-19 Melonjak, Moeldoko: Gelombang Kedua Pandemi Tak Terelakkan

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 25 Juni 2021 04:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 337 2430599 covid-19-melonjak-moeldoko-gelombang-kedua-pandemi-tak-terelakkan-f1vsmBdU5M.jpg Kepala KSP, Moeldoko (Okezone)

JAKARTA — Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko angkat bicara ihwal melonjaknya kasus positif Covid-19. Kata dia, fakta ini menunjukkan gelombang kedua pandemi di Tanah Air tidak terelakkan.

"Saat ini kita sedang menghadapi cobaan berat. Dalam waktu singkat jumlah penderita Covid-19 meningkat yang sangat pesat. Rumah sakit dan tenaga medis menjadi kewalahan, gelombang kedua pandemi tidak bisa terelakkan," ucap Moeldoko dikutip dari akun Instagramnya, Kamis (24/6/2021).

Moeldoko berujar pemerintah telah bergerak sangat sigap dan bertindak cepat untuk mengatasi musibah ini. Hal itu bisa dilihat dari penambahan fasilitas kesehatan beserta pemberian pengobatan terbaik kepada pasien yang sudah terpapar.

"Dan target satu juta vaksin perhari terus kita upayakan. Pemerintah tidak kenal lelah dalam melakukan kegiatan testing, tracing dan juga treatment," tuturnya.

Kendati demikian, penanganan virus corona ini tidak bisa dilakukan pemerintah sendirian. Seluruh elemen masyarakat harus turut serta terlibat dalam penanggulangan bencana nonalam ini. Caranya dengan mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi mobilitas.

"Saya mengajak kita semuanya untuk lebih meningkatkan kepedulian sosial dengan tetap patuh disiliplin dan menjaga satu sama lain dengan selalu menjalankan protokol kesehatan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas atau kegiatan," terang Moeldoko.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan dirinya sudah melaporkan peningkatan kasus Covid-19 yang luar biasa kepada Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas yang diselenggarakan hari ini, Senin 21 Juni 2021.

"Kami sampaikan memang sampai saat ini terjadi peningkatan luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir di sisi rumah sakit, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," jelas Budi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini