Deretan Kecelakaan Bus Paling Mengerikan di Indonesia, Puluhan Nyawa Melayang

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 25 Juni 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 337 2430439 deretan-kecelakaan-bus-paling-mengerikan-di-indonesia-puluhan-nyawa-melayang-8RYcKI1JyJ.jpg Bus masuk jurang di Sumedang. (Foto: Ditjen Hubdat)

JAKARTA - Bus jadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat dalam bepergian. Tak hanya antar kota dalam provisi, namun juga ke luar provinsi. Hanya saja, tingkat keamanan penggunaan moda ini nyatanya seringkali masih dipertanyakan, mengingat bebrapa kali kecelakaan yang menelan banyak korban.

Berdasarkan data yang dihimpun Litbang MPI, berikut daftar kecelakaan bus di Indonesia:

1. Bus Sriwijaya di Sumatera Selatan (35 korban tewas)

Kawasan Liku Lematang, Pagaralam, Sumatera Selatan menjadi tempat kejadian perkara sebuah bus masuk jurang, pada 23 Desember 2019. Dari total penumpang sebanyak 50 orang, 35 penumpang di antaranya tewas.

Baca juga: Polda Jabar Kantongi Nama Tersangka Baru Kecelakaan Bus di Sumedang

Bus tersebut ringsek setelah terjun ke jurang sedalam 150 meter. Dikutip dari berbagai sumber, sang sopir berinisal F memacu bus dengan kecepatan tinggi dan tidak melakukan pengereman sebelum bus terjun bebas ke jurang.

2. Tanjakan Emen (27 korban tewas)

Duka menyelimuti keluarga 27 korban tewas akibat kecelakaan bus yang menuju Bandung di wilayah tanjakan Emen, tepatnya di turunan Cicenang, Sumedang pada Sabtu, 10 Februari 2018.

Sopir bus, A yang berusia 32 tahun tidak bisa mengendalikan kendaraannya saat menuruni jalan di wilayah tersebut. Akibatnya, bus menabrak sepeda motor dan terguling.

Baca juga: Warga Gelar Doa Bersama di TKP untuk Korban Bus Maut Tanjakan Cae

3. Kecelakaan Bus SMP di Sumedang (27 korban tewas)

Sebuah bus pariwisata yang membawa 66 peziarah dan siswa SMP mengalami kecelakaan di tanjakan Cae, Wado, Sumedang pada 10 Maret 2021, pukul 18.30 WIB. Tragedi ini menewaskan 27 orang.

Setelah selesai membawa rombongan berziarah dari Pamijahan, bus kemudian terperosok ke jurang dengan kedalaman 11 meter.

4. Kecelakaan Bus Safari Darma Raya (12 korban tewas)

Sebanyak 12 orang tewas dan 36 lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali KM 150, 17 Juni 2019. Kecelakaan ini melibatkan bus Safari Darma Raya, sebuah truk dan 2 minibus.

Tabrakan ini dipicu ketika seorang penumpang laki-laki dengan inisial A tiba-tiba menyerang sopir bus, padahal ketika itu bus sedang dalam kecepatan tinggi. Karenanya, bus hilang kendali dan melaju ke jalur sebelahnya.

5. Tabrakan Bus di Cipali (7 korban tewas)

Kecelakaan bus selanjutnya menelan korban tewas hingga 7 orang dan 6 lainnya luka berat. Tragedi ini terjadi di KM 117 ruas Tol Cipali, arah ke Jakarta pada 14 November 2019 pukul 12 malam. Ada 2 bus yang terlibat dalam kecelakaan ini, yakni bus Arimbi dan Sinar Jaya.

Kejadian bermula saat bus Sinar Jaya yang mengarah ke Palimanan tiba-tiba keluar jalur dan menabrak bus Arimbi. Tabrakan adu domba pun tak mampu terelakkan. Petugas yang datang ke TKP bersusah payah melakukan evakuasi, karena para korban masih berada di dalam bus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini