Hasil TWK Disimpan TNI AD & BNPT, KPK Tak Bisa Minta Langsung

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 24 Juni 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 337 2430278 hasil-twk-disimpan-tni-ad-bnpt-kpk-tak-bisa-minta-langsung-7DXFqxonLW.jpg Ilustrasi (Foto : Antara)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut sejumlah instrumen hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di Dinas Psikologi TNI AD dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sejumlah instrumen hasil TWK itu, dinyatakan bersifat rahasia negara.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengklaim bahwa pihaknya saat ini masih terus berupaya untuk mendapatkan sejumlah instrumen yang diminta oleh 75 pegawai tidak lulus TWK. Namun, saat ini KPK hanya bisa berkoordinasi dengan BKN terkait sejumlah instrumen hasil TWK yang diminta. KPK tidak bisa langsung meminta kepada TNI AD ataupun BNPT.

"Sehingga dalam konteks ini dan sesuai Perkom 1 tahun 2021 bahwa TWK dilaksanakan atas kerja sama KPK dengan BKN, maka KPK sudah tepat melakukan koordinasinya dengan BKN. Bukan langsung kepada instansi yang dilibatkan BKN," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (24/6/2021).

Sejauh ini, kata Ali, KPK masih terus berkoordinasi dengan BKN sebagai pihak yang melaksanakan TWK. Di mana, ada delapan poin instrumen yang dimintakan oleh KPK terhadap BKN sesuai dengan permohonan 75 pegawainya.

"Dan kini BKN menyatakan bahwa informasi tersebut rahasia dan tersimpan sebagai dokumen di Dinas Psikologi TNI AD dan BNPT. Dua diantara instansi yang dilibatkan BKN melakukan tahapan tes indeks moderasi bernegara, profiling, dan wawancara," imbuhnya.

Sekadar informasi, sebanyak 75 pegawai yang tidak lulus TWK telah bersurat ke Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID) KPK. Surat itu, berisikan delapan poin permohonan keterbukaan informasi terkait dengan TWK.

Adapun, delapan poin tersebut yakni :

1. Hasil asesmen TWK yang meliputi tes IMB, tes tertulis dan tes wawancara;

2. Kertas kerja penilaian lengkap dari BKN atas hasil asesmen (untuk semua tahapan tes), yang sekurang-kurangnya memuat:

a. Metodologi penilaian

b. Kriteria penilaian

c. Rekaman/hasil wawancara

d. Analisa assesor/pewawancara

e. Saran dari Assesor/pewawancara;

Baca Juga : Kasus Covid-19 di India Turun 8 Kali Lipat Usai Terapkan Lockdown

3. Dasar/acuan penentuan unsur-unsur yang diukur dalam asesmen TWK tersebut;

4. Dasar/acuan penentuan kriteria Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam asesmen TWK tersebut;

5. Dasar/acuan penentuan dan penunjukan assessor/pewawancara;

6. Data-data yang diberikan oleh KPK kepada assessor/pewawancara, berikut alasan pemberian dan/atau dasar hukumnya;

7. Kertas kerja assessor/pewawancara;

8. Berita acara penentuan lulus atau tak lulus oleh assessor/pewawancara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini