Jokowi: PPKM Mikro dan Lockdown Miliki Esensi yang Sama!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Juni 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 337 2429800 jokowi-ppkm-mikro-tak-pelu-dipertentangkan-zj4AmbLRls.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk tidak mempertentangkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara mikro yang saat ini tengah ditempuh pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Kepala Negara menerangkan bahwa kebijakan tersebut sudah dikaji berdasarkan kondisi politik Indonesia hingga melihat kebijakan penanganan pandemi Covid-19 dari negara lain.

"Mengapa pemerintah memutuskan PPKM mikro pemerintah melihat kebijakan ini masih paling tepat karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat, saya sampaikan PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama yaitu membatasi keadaan masyarakat dan untuk itu tak perlu dipertentangkan," ujar Jokowi, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Corona Mengganas, Jokowi: Kita Menghadapi Ujian dan Cobaan Berat!

Jokowi menerangkan bahwa pihaknya telah mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam penanggulangan pademi virus corona dari berbagai pihak. Pemerintah, lanjut dia, menyambut baik usulan tersebut.

Dia juga mengajak para kepala daerah untuk mempertajam kebijakan PPKM mikro. Menurut dia, jika PPKM mikro dilakukan secara seporadis maka bisa menahan laju kasus Covid-19.

"Jika PPKM mikro terimplementasikan dengan baik dan di lapangan terus diperkuat semstinya laju kasus dapat terekendali," tuturnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Teken Perpres RANHAM, Berikut Penjelasan KSP

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini