Pasien Covid-19 Melonjak, PB IDI: Mitigasi Stok Oksigen Mulai Sekarang Wajib!

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 23 Juni 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 337 2429469 pasien-covid-19-melonjak-pb-idi-mitigasi-stok-oksigen-mulai-sekarang-wajib-cPUk9livho.jpg Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Rumah Sakit (RS) di sejumlah daerah dikabarkan mulai kekurangan pasokan oksigen akibat pasien Covid-19 yang dirawat terus melonjak. Hal ini imbas terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) beberapa hari lalu melalui Sekjen PERSI, Lia G Partakusuma menyebutkan, pihaknya telah mendapatkan laporan kekurangan oksigen di Jawa Tengah. Bahkan, dikabarkan RS di DI Yogyakarta juga mengalami kekurangan pasokan oksigen.

Merespon hal ini, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban meminta agar daerah agar melakukan mitigasi stok oksigen mulai sekarang.

“Beberapa bulan silam sebenarnya kita punya cukup waktu memitigasi krisis oksigen--seperti yang terjadi di Yogyakarta saat ini. Apalagi oksigen adalah kunci dalam merawat beberapa pasien Covid-19. Saya harap, daerah lain punya mitigasi stok oksigen ini mulai sekarang. Wajib,” tegas Zubairi lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Lebih Ketat, Anies Perpanjang PPKM Mikro hingga 5 Juli

Zubairi pun mendorong pemerintah agar menyiapkan stok oksigen untuk keperluan darurat. Apalagi, kasus Covid-19 masih terus mengalami lonjakan. Dia pun meminta agar melakukan desentralisasi stok di beberapa daerah sehingga tidak akan mengganggu supply oksigen.

“Bukan berharap yang buruk. Tapi ada baiknya kita dorong pemerintah menyiapkan stok oksigen untuk keperluan darurat. Seperti mendesentralisasi stok di beberapa daerah sehingga segera tersedia jika suplai terganggu. Semoga kita punya mitigasi untuk hal ini,” papar Zubairi.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini