Ini Alasan Logis Bung Karno Pilih Kencing di Semak-Semak Istana

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Juni 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2429309 ini-alasan-logis-bung-karno-pilih-kencing-di-semak-semak-istana-gDN42QGe0C.jpg Presiden Soekarno (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Guntur Soekarnoputra menangkap basah bapaknya, Presiden Pertama Indonesia Soekarno kencing di semak-semak beberapa kali. Ternyata, Bung Karno memiliki alasan buang air kecil tidak di toilet.

Dalam buku "Bung Karno: Bapakku-Kawanku-Guruku", Guntur Soekarnoputra bercerita mengenai sisi lain dari Bung Karno, ayahnya yang merupakan sang proklamator kemerdekaan Indonesia. Demikian dilansir dari Kepustakaan Presiden, Perpusnas.

Baca juga:  Daftar Hal yang Disukai Presiden Soekarno, dari Durian hingga Film Amerika

Soekarno memilih semak daripada WC Istana yang indah, yaitu karena jarak antara beranda belakang tempat penerimaan tamu ke WC tamu yang tersedia sangat jauh, kurang lebih 40 meter.

Sementara itu, jarak ke WC kamar mandi Soekarno lebih jauh lagi, kurang lebih 50 meter. Jarak ke WC kamar mandi adik-adikku dari beranda lebih jauh lagi, yaitu 70 meter. Jadi logis kalau yang dipilih semak-semak dekat tangga, karena jaraknya hanya 5 meter saja!

Baca juga:  Ketika Bung Karno Tiga Kali Minta Nasehat Kiai Wahab untuk Bebaskan Papua Barat

Ketika aku sudah kembali lagi ke Bandung, dari adikku Megawati Soekarnoputri, aku mendapat kabar bahwa sekarang bukan hanya Bapak saja yang mempergunakan "WC istimewa" tadi, tapi juga para tamu-tamu dan para dubes-dubes asing!

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini