Deretan Kasus Pelecehan Seksual di KRL, Kenali Modusnya!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Juni 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2429182 deretan-kasus-pelecehan-seksual-di-krl-kenali-modusnya-F3dPqhZpdM.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Transportasi umum seperti KRL dan TransJakarta memang menjadi sarana vital dalam membantu aktivitas warga. Utamanya KRL yang memang tergolong cepat dan murah.

Berdasarkan hasil survei Komunitas perEMPUa, kejadian pelecehan seksual per 2019 di KRL adalah sebanyak 18,14%. Data tersebut kemungkinan masih bertambah karena banyak kasus yang tidak terkuak.

Litbang MPI merangkum kejadian pelecehan seksual di KRL dalam 3 tahun terakhir, sebagai berikut:

1. Juni 2021

Seorang perempuan diketahui menjadi korban pelecehan seksual di KRL Commuter Line 1452 dengan tujuan Cikarang. Kejadian tersebut terjadi pada 4 Juni 2021. Mulanya, kasus ini viral di sosial media Twitter karena korban menceritakan kronologi kejadiannya.

Saat KRL sedang dalam kondisi penuh, korban berdiri di samping pelaku dengan arah berlawanan. Beberapa detik kemudian, pelaku membalikkan tubuhnya.

Korban merasa ada yang aneh karena tas pelaku menempel di badan korban. Namun, lambat laun si pelaku mengeluarkan alat kelaminnya. Korban yang kaget langsung memberikan perlawanan dengan menendang pelaku. Selanjutnya, petugas berhasil membawa pelaku ke pos keamanan.

Baca juga: Komnas PA: Korban Kekerasan Seksual di Sekolah SPI Capai 60 Orang

Akan tetapi, pelaku sama sekali tidak mengakui perbuatannya. Petugas keamanan KRL tidak bisa melakukan proses selanjutnya karena memang tidak ada bukti kuat dari korban. Meskipun begitu, pihak KAI sudah melakukan pendataan lengkap terkait identitas pelaku dan korban.

2. Desember 2020

Sekitar bulan Desember 2020 lalu, sebuah akun Instagram dilaporkan oleh salah satu pengguna Facebook, MZF karena telah melecehkan wanita dengan mengunggah beragam foto tak layak. Adapula pemilik akun Facebook lain, RV yang juga mengungkap keberadaan akun itu.

Akun tersebut berisi postingan foto banyak penumpang wanita KRL. Mereka sengaja difoto secara candid dengan menyoroti bagian tubuh tertentu. Sekitar 52 foto tercatat sudah diunggah ke Instagram dengan lebih dari 7 ribu pengikut itu.

Baca juga: Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Mantan Rektor Unipar Angkat Bicara

Banyak masyarakat mengecam keberadaan akun ini karena dinilai telah melecehkan wanita. Sementara itu, pihak PT KCI yang menerima laporaan via Twitter menyatakan akan menindaklanjuti dan melakukan pengecekan ke unit terkait.

3. Agustus 2019

Kejadian tak menekkan yang terjadi di KRL juga menimpa seorang anak di bawah umur, pada 15 Agustus 2019 pukul 06.40 WIB. Pelaku yang diketahui berinisial HP dan berusia 27 tahun nekad memegang area sensitif korban di gerbang KRL Stasiun Manggarai.

Korban panik dan langsung berteriak. Penumpang lain lantas membawa pelaku ke kantor polisi dan menyerahkan kasusnya kepada pihak berwajib.

Polisi mengatakan jika pelaku baru saja menikah dan bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit. Pelaku terjerat pasal 2990 KUHP ayat 2 KUHP, junto pasal 76E, junto pasal 82 UU RI tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjaraa 15 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini