Pandemi Covid-19 Terkendali Jika Vaksinasi Mencapai 70%

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 22 Juni 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2429157 pandemi-covid-19-terkendali-jika-vaksinasi-mencapai-70-rF7YFyp6YX.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Guru Besar Universitas Udayana, I Gusti Ngurah Kade Mahardika menyebutkan pandemi Covid-19 akan bisa terkendali jika vaksinasi telah mencapai 70%.

“Vaksin sudah dinilai aman, efektif. Masyarakat mohon dukungannya pada pemerintah, jangan menolak vaksinasi lagi. Hanya melalui vaksinasi, setelah mencapai 50 sampai 70%, kita akan bisa mengendalikan pandemi, mungkin bebas pandemi mungkin tidak, tapi pandemi terkendali,” ungkap Mahardika secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Mahardika pun meminta agar masyarakat tidak lagi menolak vaksinasi. “Jadi, saya berharap sekali bahwa tidak ada lagi yang menolak, tidak ada lagi kelompok anti vaksin, please, mohon, monggo, kalau memang ada panggilan untuk vaksinasi ini, dan semua vaksin ini sudah terbukti aman dan efektif,” tegasnya.

Mahardika pun memberikan contoh bahwa vaksinasi di Eropa yang hanya mencapai 40-50% saja, saat ini sudah berani mengadakan Piala Eropa atau Euro. Bahkan, sudah banyak penonton yang memadati stadion.

“Dengan hanya 40-50% saja, jadi sekarang di Eropa dengan capaian di atas 50% saja, belum 70%, mereka sudah berani mengadakan Euro. Jadi mereka berani melakukan kerumunan. Dan meskipun apakah itu berdampak pada kasus, kita akan lihat 2, 3 minggu lagi. Apakah Euro ini justru tidak meningkatkan kasus baru,” kata Mahardika.

Kemudian, di Amerika yang juga vaksinasinya masih 40-50% juga sudah melonggarkan penggunaan maskernya. “Sekali lagi, vaksinasi dengan 40-50% saja, untuk Amerika bahkan sudah melonggarkan penggunaan maskernya dan sehingga sudah berani, tentu itu sekali lagi kita terus evaluasi,” paparnya.

Mahardika menegaskan jika vaksinasi belum mencapai 50-70%, maka 3M harus diutamakan terutama menghindari kerumunan. Sehingga, kebijakan pemerintah saat ini yakni dengan PSBB atau PPKM mikro tepat dilakukan.

“Dan sebelum mencapai angka itu, 50% atau bahkan 70% maka 3M itu yang utama harus dilakukan. Dan M yang paling penting adalah menghindari kerumunan. Jadi PSBB atau PPKM mikro itu terutama sekali tujuan utama, nomor satu, saya lihatlah menghindari kerumunan, ini yang harus dilakukan,” kata Mahardika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini