BPOM Sebut Ivermectin Bukan Obat Covid-19 tapi Obat Cacing, Punya Senyawa Keras!

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Juni 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2429097 bpom-sebut-ivermectin-bukan-obat-covid-19-tapi-obat-cacing-punya-senyawa-keras-ErM84DquPS.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Ivermectin sempat membuat heboh ketika disebut bisa sebaai obat terapi untuk pasien Covid-19. Menanggapi hal itu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun buka suara.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito dalam siaran live-nya menjelaskan bahwa izin edar Ivermectin bukan untuk obat Covid-19, melainkan untuk obat cacing.

Bakan Penny menjelaskan bahwa obat tersebut memiliki senyawa kimia, yang ada efek sampingnya. Ini obatnya adalah obat berbahan kimia ya, tapi bahan kimia yang ada efek sampingnya," jelasnya, Selasa (22/6/2021).

Meski melihat adanya indikasi penyembuhan dari Ivermectin, namun Penny menjelaskan, butuh kajian ilmiah yang lebih mendalam jika ingin digunakan kepada pasien Covid-19.

"Memang ditemukan adanya indikasi ini membantu penyembuhan. Namun belum bisa dikategorikan sebagai obat Covid-19 tentunya," lanjut Penny.

"Kalau kita mengatakan suatu produk obat Covid-19 harus melalui uji klinis dulu, namun obat ini tentunya dengan resep dokter bisa saja digunakan sebagai salah satu terapi dalam protokol dari pengobatan Covid-19," bebernya.

Karena memiliki senyawa kimia yang bisa menimbulkan efek samping, penggunaan Ivermectin, jelas Penny, tentunya harus diawasi secara ketat oleh dokter. Namun, BPOM menjelaskan Ivermectin bisa saja menjadi Obat Covid-19, namun keputusan tersebut bukan ada di ranah BPOM, tetapi di Kementerian Kesehatan.

"Namun itu tentunya bukan di BPOM terkait hal itu, nanti pemerintah mungkin yang akan berproses dan setiap protokol untuk pengobatan Covid-19 harus dikeluarkan oleh asosiasi profesi yang terkait dan juga dengan Kemenkes RI," kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini