Viral Fenomena Ombak Api di Pantai Kampung Sulteng, Ini Penjelasan LIPI

Angkasa Yudhistira, Okezone · Selasa 22 Juni 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2428974 fenomena-ombak-api-ini-penjelasan-lipi-w1s0UC00ow.jpg Fenomena ombak api (Foto: Tangkapan layar media sosial)

JAKARTA - Fenomena ombak api yang terjadi di Pantai Kampung Baru, Sulawesi Tengah, diyakini bukan air yang terbakar. Sebab, api tidak bisa menyala di atas air.

Hal tersebut disampaikan Staf Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Wahyu Budi Setiawan kepada Okezone, Selasa (22/6/2021).

"Karena itu, dapat kita katakan bahwa di permukaan air laut di Sulawesi itu ada objek yang dapat terbakar dan kemudian api menyala karena membakarnya," ujar Wahyu Budi.

Untuk mengetahui apa objek yang terbakar itu, sambungnya, perlu dilakukan pengamatan langsung di lapangan, atau bila mempunyai foto yang beresolusi tinggi, sehingga dapat melakukan identifikasi terhadap objek yang terbakar.

Diketahui, dalam viral yang tersebar di media sosial, api memang tampak menyala di atas air. Namun, kualitas gambar yang tersaji resolusinya rendah, maka tidak bisa dipastikan benda apa yang terbakar api.

"Apabila api itu benar menjalar, maka kita bisa berasumsi bahwa yang terbakar itu objek cair yang sangat mungkin adalah minyak. Pertanyaannya sekarang adalah apakah minyak itu adalah minyak yang hadir secara alamiah? Atau hadir karena aktivitas manusia?" tuturnya.

Soal kemungkinan adanya minyak, Wahyu pun kembali menyatakan perlu pengamatan atau pengambilan sampel dari lapangan. Sementara itu, dengan informasi yang terbatas, ia bisa mulai menyelidikinya dengan mencari informasi tentang aktivitas manusia di sekitar kawasan tersebut.

Baca Juga : Sulawesi Gempar! Fenomena Ombak Api Menjalar Sepanjang Pantai

Baca Juga : Rumah Sakit Penuh Pasien Covid 19, Gubernur Anies Minta Warga Hati-Hati

"Mungkin ada yang menumpahkan minyak, atau menyebabkan kebocoran minyak, seperti kegiatan pemboran minyak, transportasi minyak, penyaluran minyak, perkapalan. Apabila sebab-sebab yang mungkin karena aktivitas manusia tidak ada, maka kemungkinannya adalah minyak itu hasil rembesan secara alamiah," ujarnya.

"Selanjutnya, mengenai hal ini, untuk mengetahui kemungkinan rembesan minyak, yang berkompeten memberikan jawaban adalah pihak Lemigas atau Pertamina," tuturnya.

Untuk diketahui, fenomena unik tersebut diketahui terjadi di pantai sekitar Kampung Baru, Sulawesi Tengah. Dalam unggahan rekaman video tersebut, tampak api menjalar di sepanjang bibir pantai.

Air laut keluar api, gais. Ombak api," kata pria yang merekam video amatir tersebut.

Menanggapi video viral tersebut, sejumlah netizen memberikan spekulasi mengenai fenomena ombak api tersebut. Beberapa menilai, api tersebut muncul lantaran limbah minyak.

"Kalau sampai bisa nyala di air, kena tercemar limbah minyak dong?" ujar seorang netizen.

"Paling kena tumpahan minyak, terus kena rokok," balas warganet lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini