Mengenal Abuya Syar'i, Ulama Kharismastik Berusia 154 Tahun Pemegang Golok Ciomas

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Selasa 22 Juni 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2428934 mengenal-abuya-syar-i-ulama-kharismastik-berusia-154-tahun-pewaris-golok-ciomas-lMrhVGRujL.jpg Tangkapan layar media sosial

SERANG - Abah Abuya Syar'i terlihat santai saat meladeni sejumlah tamunya di sebuah gubug kecil di padepokan miliknya di Ciomas, Serang, Banten. Sebelumnya, postingan yang memperlihatkan ulama kharismatik Banten tersebut viral di media sosial.

(Baca juga: Seangkatan Kiai Hasyim Asy'ari, Ulama Banten Berusia 154 Tahun Ini Hebohkan Warga)

Meski sebagai ulama besar dan seangkatan dengan Pendiri Nahdlatul Ulama, Hasyim Asy'Ari namun sikap sederhana ditunjukan ulama kharismatik berjanggut putih tersebut. Tak ada kemewahan yang terlihat di sana.

Hampir setiap hari dia mengenakan baju kokoh putih, jalan menuju tempat tempatnya menerima tamu pun masih berupa tanah liat yang mengeras. Jika hujan, pastinya jalanan akan dipenuhi tanah becek.

(Baca juga: Kiprah Para Gubernur Benahi Jakarta, dari Suwiro hingga Anies Baswedan)

Hal itu terungkap usai akun youtube Ibnu Syarif Abdul Halim mempostingnya beberapa waktu lalu. Abah Syar'i, panggilan akrab, terlihat sehat.

Senyumnya yang khas menjadi pertanda bila ulama besar itu terlihat akrab dengan murid didiknya dan sejumlah orang termasuk beberapa tamunya.

Meski demikian, tak sembarangan orang bisa bertemunya. Hanya orang orang tertentu saja yang bisa, salah satunya yang benar benar tulus ikhlas, dan yang benar benar bertobat.

Hal itu diungkapkan saat Prada DP menjalani sidang di Pengadilan Militer 15 Agustus 2019. Prada DP yang kala itu ditanya sama Hakim majelis mengenai pelariannya mengaku kabur ke Banten dan belajar ngaji ke padepokan Abah Syar'i.

Hakim sendiri langsung menuding bila Prada DP berbohong karena si hakim sendiri telah bertemu dengan Abah Syar'i. Di hadapan Prada DP, si hakim menyebutkan hanya orang bertobat saja yang bisa bertemu dengan Abah Syar'i.

"Abah Syar'i mau menerima orang yang benar-benar tobat. Muridnya juga sangat sedikit, saya tahu itu. Saya juga tahu dia nolak kedatangan kamu. Makanya kamu dialihkan ke tempat anak muridnya, benar apa tidak," tanya majelis hakim kepada Prada DP.

Pemegang Golok Ciomas

Dilansir berbagai sumber, Abah Abuya Syar'i bernama KH Ratu Bagus Syah Ahmad Syar'i Mertakususuma. Ia merupakan sosok ulama yang saat ini paling diakui keberadaannya sebagai paku bumi di Banten.

Beliau merupakan satu-satunya murid Syekh Nawawi Al Bantani dan kini telah berusia 154 tahun lebih dan sangat sepuh. Ulama yang satu ini sangat jarang dikenal oleh orang umum di Nusantara tak jarang di Banten sendiri dikarenakan memang Beliau jarang keluar terlihat publik, kesehariannya hanya berdiam di rumah dan menerima tamu yang datang kerumah.

Banyak tamu yang datang sekedar meminta doa dan barokah darinya. Beliau disebut-sebut sebagai pemegang golok ciomas, golok yang bukan sekedar golok biasa, tapi golok ini merupakan golok prasejarah yang menjadi wasilah terusirnya orang-orang Badui saat mereka menyerang Banten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini