Fakta-Fakta soal Ivermectin, Obat Terapi untuk Pasien Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Juni 2021 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 337 2428778 fakta-fakta-soal-ivermectin-obat-terapi-untuk-pasien-covid-19-SwLzEOVHEi.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Obat antiparasit Ivermectin disebut ampuh untuk terapi pasien positif virus corona (Covid-19). Obat tersebut mengandung antiinflamasi dan antivirus serta telah diuji klinis.

Untuk di Indonesia, Ivermectin disebut telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ivermectin ini sendiri diproduksi oleh PT Indofarma Tbk (INAF).

Kabar mengenai Ivermectin yang dapat digunakan terhadap pasien Covid-19 ini menjadi angin segar dalam menghadapi lonjakan kasus.

Berdasarkan laporan FLCCA (Front Line Covid-19 Critical Care Alliance), dalam 4 bulan terakhir, uji klinis di beberapa negara melaporkan peningkatan yang konsisten dan besar terhadap pasien Covid-19 yang diobati dengan Ivermectin.

Berikut fakta-fakta mengenai Ivermectin bersumber dari FLCCA , seperti dikutip pada Selasa (22/6/2021) : 

- Invermectin memiliki sifat yang dapat menghambat replikasi virus, seperti SARS CoV-2 dan influenxa

- Invermectin memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dengan berbahai mekanisme penghambatan.

- Ivermectin mengurangi viral load dan melindungi terhadap kerusakan organ pada model hewan

- Ivermectin mencegah penularan Covid-19 saat dikonsumsi

- Ivermectin dapat mencegah penularan Covid-19

- Ivermectin mempercepat pemulihan dan dapat menurunkan rawat inap dan kematian pasien Covid-19

- Ivermectin menyebabkan fatalitas yang rendah

Baca Juga : Soal Usulan Lockdown, Ridwan Kamil: Jabar Sudah Tak Ada Anggaran


Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan Ivermectin bisa menjadi solusi untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Obat besutan BUMN Sektor Farmasi ini digadang-gadang dapat membantu terapi penyembuhan pasien yang sudah terinfeksi virus corona.

"Kabar gembira buat kita bahwa (Ivermectin) terapi daripada penyembuhan, tentu bagaimana kita mengantisipasi atau menjaga diri kita sehingga penyebaran keseharian bisa diturunkan. Ivermectin ini dianggap dalam terapi ini cukup baik. Karena ada beberapa jurnal kesehatan sudah meyakinkan daripada hasil ini," katanya.

Uji stabilitas Ivermectin pun sudah dilakukan usai Indofarma memperoleh izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga : Ivermectin, Obat Covid-19 dengan Harga Rp7.000

"Tentu, kita sudah melakukan uji stabilitas kemarin. Karena itu obat Ivermectin yang diproduksi Indofarma ini," ujar Erick dalam konferensi pers, Senin (21/6/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini