Sederet Fakta Ultah Ke-60 Presiden Jokowi, Tak Ada Perayaan hingga Aksi Keren Marinir TNI AL

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Juni 2021 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 337 2428748 sederet-fakta-ultah-ke-60-presiden-jokowi-tak-ada-perayaan-hingga-aksi-keren-marinir-tni-al-g5zlEnQE7p.jpeg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginjak usia 60 tahun pada 21 Juni 2021. Sejumlah ucapan dari masyarakat, menteri hingga kepala daerah mengalir untuk sosok yang lahir di Surakarta pada 1961 itu.

Berikut sejumlah fakta terkait hari ulang tahun ke-60 Presiden Jokowi:

1. Tak Ada Perayaan

Tidak ada perayaan ulang tahun ke-60 Presiden Jokowi. Di hari tersebut, Presiden tetap menjalankan tugas kepresidenan seperti biasa. Hal itu disampaikan Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. 

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri untuk membahas penanganan Covid-19. Rapat tersebut dimulai pukul 10.00 WIB.

2. Terbiasa Rayakan Ultah Sendiri

Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasih atas ucapan selamat ulang tahun untuknya.

“Terima kasih untuk segala perhatian dan doa untuk saya dan keluarga pada hari ini,” tulisnya melalui akun Instagramnya @Jokowi, Senin (21/6/2021).

Dia mengaku memang tidak terbiasa merayakan ulang tahun. Apalagi saat ini di masa pandemi Covid-19 yang masih membutuhkan kerja keras semua pihak.

“Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di saat negeri ini tengah membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi,” ujarnya. 

3. Pesan Jokowi 

Di hari ulang tahunnya, Jokowi tak lupa berpesan agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. 

“Tetaplah sehat, patuhi protokol kesehatan, semoga kita semua senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Yang Maha Kuasa,” ucap Jokowi.

4. Aksi Keren Marinir AL

Berbeda dari yang lain, TNI Angkatan Laut (AL) memilih mengucapkan selamat ulang tahun melalui atraksi terjun payung. Video ucapan ulang tahun itu dibuat oleh Prajurit Marinir dari Intai Amfibi dan diunggah di @marinir_tni-al. 

Dari video yang diunggah, terlihat tiga orang prajurit terjun dari pesawat sambil memegang bendera bergambar Presiden Jokowi yang mengenakan seragam Kepala Negara di samping bendera merah putih. 

Berlatar belakang musik melodi lagu "Sweet Child O Mine", bendera foto Predien Jokowi berkibar vertikal di udara sebelum akhirnya dilepas, tergantikan parasut. Sebelum sampai di darat, terlihat  tulisan dalam video itu angka 60 tahun dan ditutup dengan ucapan selamat.

"Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Semoga sehat, panjang umur, dan sukses dalam memimpin negeri tercinta ,"tulis keterangan video @marinir_tni_al dikutip Senin.

5. Permintaan Maaf

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi, sekaligus permintaan maaf. Hal itu berkaitan dengan kondisinya yang kini positif Covid-19. 

“Surat ini juga akan menjadi surat permintaan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia dan juga Bapak Presiden karena saya belum bisa melindungi diri sepenuhnya untuk tidak terpapar virus Covid-19. Kondisi tubuh yang lemah saat itu akhirnya merobohkan benteng pertahanan saya,” tulis Wiku dalam suratnya ke Presiden Jokowi. 

“Mohon maaf bapak, saat ini saya terus berusaha mencoba melawan virus ini. Semoga apa yang saya alami ini menjadi pembelajaran bagi banyak orang. Iman, aman, imun harus dijalankan secara paralel, mutlak. Semoga Bapak dan semua rakyat bapak sehat walafiat selalu,” tulis Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini