Daftar Ulama Tanah Air Berumur Panjang, Ada yang Sampai Seratus Tahun

Tim Okezone, Okezone · Senin 21 Juni 2021 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 337 2428704 daftar-ulama-tanah-air-berumur-panjang-ada-yang-sampai-seratus-tahun-EcVc5sdY4a.jpg Buya Hamka (Foto: Ist)

JAKARTA - Panjang umur seseorang tidak ada yang mengetahui. Namun, mempunyai umur panjang tentu menjadi harapan banyak orang.

Dari sekian banyak orang yang memiliki panjang umur, terdapat sederet ulama Tanah Air yang memiliki umur panjang.

Baca Juga:  Deretan Manusia yang Hidup Lebih dari 100 Tahun

Berikut ulama dengan umur panjang:

1. KH Syaikhona R Muhammad Kholil

Mbah Kholil adalah nama panggilannya. Ia lahir pada 1820 di Bangkalan Madura. Beliau adalah salah satu tokoh yang mendidik pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. Pada 1925, ia meninggal dunia pada usia 105 tahun.

2. KH Abdul Wahab Hasbullah

KH Abdul Wahab Hasbullah adalah salah satu pendiri dasar-dasar kepemimpinan organisasi NU. Ia juga turut mencetuskan badan Syuriah dan Tanfidziyah di kalangan muda dan tua NU. Beliau meninggal dunia dalam usia 83 tahun.

3. KH Hasyim Ashari

KH Hasyim Ashari adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Ia juga pendiri Pesantren Tebu Ireng. Mba Hasyim pernah menimba ilmu di Mekkah dan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Minangkabau, Syekh Muhammad Mahfudz at-Tarmasi, Syekh Ahmad Amin Al-Aththar serta ulama lainnya. Beliau wafat di Jombang pada 1947 dalam usia 76 tahun.

Baca Juga: Pulau Ini Terkenal Sebagai Pulau Panjang Umur

4. KH Imam Zarkasyi

KH Imam Zarkasyi adalah salah satu pionir pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Ia yang mengembangkan sistem pendidikan di Ponpes Gontor. Dari situlah lahir alumni yang menjadi para pemuka agama di Indonesia. Beliau wafat di usia 75 tahun.

5. H Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka)

H Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal Buya Hamka adalah salah satu ulama besar di Indonesia. Ia tidak hanya dikenal sebagai ulama, namun juga seorang sastrawan. Salah satu novel yang paling fenomenal adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Pada 24 Juli 1981, beliau wafat dalam usia 73 tahun.

Diolah berbagai sumber oleh Litbang MPI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini