Bakal Perkuat Pengetatan, Panglima TNI Tegaskan PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus

Dita Angga R, Sindonews · Senin 21 Juni 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 337 2428492 bakal-perkuat-pengengatan-panglima-tni-tegaskan-ppkm-mikro-efektif-tekan-kasus-PCHRY3RSwU.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Antara)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI akan memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Seperti diketahui pemerintah telah memutuskan untuk memperketat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro selama dua minggu mendatang.

“TNI akan memperkuat di wilayah-wilayah utk melaksanakan fungsi PPKM mikro,” katanya, Senin, (21/6/2021).

Dia menegaskan bahwa PPKM mikro sangat efektif menekan kasus covid-19 yang tengah melonjak.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa kasus yang terjadi di Cipayung, kemudian Kec Cipayung, kemudian di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, kemudian di Kabupaten Kudus. Kemudian ada di desa Sidodowo di Lamongan bahwa PPKM Mikro ini sangat efektif untuk menekan laju pertumbuhan angka positif covid-19,” ujarnya.

Hadi mengatakan pemerintah memang fokus untuk memperkuat di tataran mikro. Dimana terdapat kepala desa/camat, kepala puskesmas, babinsa dan babhinkamtibnas.

“Karena memiliki fungsi yang kuat untuk melaksanakan pencegahan, kemudian penanganan, yang ketiga adalah pembinaan dan dukungan terhadap pelaksanaan PPKM mikro,” ungkapnya.

Dia juga menyebut bahwa elemen-elemen di tataran mikro sangat strategis untuk melakukan pemetaan jika ada informasi terdapat positif covid di wilayah tersebut.

“Setelah melaksanakan mapping, RT/RW pun mampu utk melaksanakan isolasi, mengisolisir wilayah-wilayah yang perlu dibatasi,” katanya.

“Dan RT/RW pun mampu untuk melakukan pemisahan warga berdasar hasil tracing kontak erat. Sehingga warga yang memang bergejala diserahkan langsung kepada rs dirujuk. Dan yang tidak bergejala dilaksanakan isolasi mandiri atau isolasi terpusat. Tentunya isolasi mandiri dan isolasi terpusat akan ada SOPnya. Sehingga desa juga akan memiliki isolasi terpusat yang tentunya akan didukung oleh dana desa kebutuhan-kebutuhannya,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini