Jokowi Perintahkan Sekat 1 RT Bila Ada Warga di 5 Rumah Terkena Corona

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 21 Juni 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 337 2428371 jokowi-perintahkan-sekat-1-rt-bila-ada-warga-di-5-rumah-terkena-corona-Q5dbfEmIQg.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan testing dan tracing Covid-19 di skala mikro harus diperkuat. Jika sudah lebih dari lima rumah dalam satu RT terkonfirmasi positif, maka lingkungan tersebut harus disekat.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin (21/6/2021).

"Kalau sudah lebih dari lima rumah yang terkena, kita melakukan penyekatan secara spesifik untuk di level RT tersebut dengan bantuan TNI-Polri," tuturnya seperti dilihat dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi, kata Budi, juga menyoroti banyaknya penyebaran virus corona dari kluster keluarga. Karenanya testing harus benar-benar diperkuat pada skala mikro.

"Yang penting beliau juga menyampaikan adalah dipastikan untuk orang-orang yang terkena segera di tes, karena banyak kluster keluarga, satu RT di tes semua segera untuk kita bisa pastikan siapa yang terkena dan siapa yang tidak," ucap dia.

"supaya sekali lagi bisa membatasi pergerakan dan mobilitas di mulai dari level terkecil," tambahnya.

Sebagai informasi, DKI Jakarta beserta sejumlah daerah lainnya mengalami kenaikan kasus positif corona. Rumah sakit dan tempat isolasi dikabarkan sudah penuh oleh pasien.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini