Kasus Covid-19 Semakin Melonjak, Epidemiolog: Pemerintah Butuh Keberanian

Agnes Teresia, Okezone · Senin 21 Juni 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 337 2428121 kasus-covid-19-semakin-melonjak-epidemiolog-pemerintah-butuh-keberanian-ZXmcjDZBxS.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Dalam Special Dialogue bersama Okezone, Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa pemerintah butuh ketegasan untuk atasi lonjakan kasus Covid-19. Dicky juga menyarankan agar pemerintah segera melakukan lockdown.

Kebijakan lockdown sendiri memang menimbulkan dilema antara kesehatan masyarakat dan kondisi perekonomian. Lockdown dinilai dapat melumpuhkan perekonomian.

"Besaran masalah di dua sisi ini baik kesehatan maupun ekonomi makin besar. Makin besar dua-duanya bahkan yang kesehatan ini bisa meledak dalam waktu tidak lama lagi. Nah ini untuk diketahui artinya membutuhkan ketegasan," kata Dicky.

"Membutuhkan keberanian dalam mengambil keputusan yang harusnya fokus pada kesehatan," sambungnya.

Dicky menilai PSBB yang diterapkan dengan masih adanya aktivitas itu belum sesuai dengan regulasi.

"Jadi kalau ada PSBB terus ada aktivitas itu salah berarti dia belum sesuai regulasi. Itu masih modifikasi namanya," jelasnya.

Pemerintah harus siap dengan konsekuensi karena PSBB ini memerlukan dukungan segi sosial ekonomi kelompok menengah ke bawah.

Kasus Covid-19 di Indonesia belakangan ini memang kian meningkat tajam. Berdasarkan data pemerintah pada Kamis (17/6/2021), kasus Covid-19 kini tercatat bertambah lebih dari 10.000 dalam sehari.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini