Kasus Covid-19 Melonjak, Banyak Rumah Sakit Cari Relawan Kesehatan

Dita Angga R, Sindonews · Minggu 20 Juni 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 337 2428043 kasus-covid-19-melonjak-banyak-rumah-sakit-cari-relawan-kesehatan-V73E78jRMw.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Lia G. Partakusuma mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 membuat tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit (RS) harus selalu siap siaga. Namun para nakes hanya siap sesuai kapasitas yang ada.  

“Kesiapan nakes bagaimana? Nakes akan selalu siap dengan kapasitas yang ada, yang tersedia. Artinya di luar itu ya mungkin kamu tidak bisa memberi bantuan lebih,” katanya dalam acara Temu Media Persi, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Puncak Pandemi Bulan Depan, Epidemiolog Minta Fasilitas Kesehatan Diperkuat

Untuk itu, pihaknya akan terus mencari tambahan SDM nakes jika memang diperlukan. Dia menegaskan bahwa rumah sakit akan tetap berusaha melayani secara maksimal.

“Sepanjang memang ada di RS ya kami akan melayani semaksimal mungkin. Kita akan coba cari tambahan kalau memang diperlukan dan bisa didapatkan ya kita akan all out untuk membantu teman-teman yang dirawat di RS,” ujarnya.

Meski begitu dia mengakui bahwa banyak rumah sakit yang mencari relawan kesehatan dan SDM dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga: Indonesia Sudah Terima 104,7 Juta Vaksin Covid-19, Ini Rinciannya

“Jadi kesiapan nakes ya saat ini kita memang banyak yang mencari relawan dan SDM dari Kemenkes,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini