Puncak Pandemi Bulan Depan, Epidemiolog Minta Fasilitas Kesehatan Diperkuat

Ari Sandita Murti, Sindonews · Minggu 20 Juni 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 337 2428036 puncak-pandemi-bulan-depan-epidemiolog-desak-pemerintah-perkuat-fasilitas-kesehatan-Q0FNzXbhOs.jpg Foto: MNC Media

JAKARTA -Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman memprediksi, puncak gelombang pertama dari pandemi Covid-19 terjadi pada akhir Juni dan awal Juli 2021 ini. Oleh karena itu, dia meminta harus ada peningkatan di berbagai sektor fasilitas kesehatan.

 (Baca juga: Viral! TNI AL Selamatkan Bocah Terombang-ambing di Tempat Jatuhnya Sriwijaya Air)

"Ledakan besar kasus ini terjadi pada akhir Juni dan awal Juli, apalagi dengan kontribusi dari varian alfa dan delta yang baru," ujarnya pada MPI Portal, Minggu (20/6/2021).

 (Baca juga: Corona Melonjak! Kawasan GBK Dipadati Masyarakat Berolahraga, Banyak Tak Pakai Masker)

Apalagi, kata dia, saat ini di sejumlah fasilitas kesehatan jumlah kasus rujukan dan rawatannya meningkat itu menandakan pada situasi puncak pandemi dari gelombang pertama. Itu terjadi karena akumulasi wabah tersebut selama setahun lamanya.

Dia melanjutkan, selain itu adanya temuan baru virus varian delta dan alfa yang semakin membuat Indonesia semakin berada pada situasi serius dan berpotensi menghadapi ledakan kasus, utamanya di fasilitas kesehatan akan terus meningkat. Maka itu, perlu adanya peningkatan testing dan tracing pada masyarakat.

"Maka itu, selalu siap opsi darurat, penguatan sistem SDM, baik dari fasilitas, obat, alat kesehatan, ruang isolasi, ventilator, dan juga oksigen harus disiapkan termasuk sistem rujukan kesehatan. Ini semua harus ditingkatkan di semua pemerintahan daerah, khususnya Jawa-Bali,"tutup Dicky.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini