Kemenkes: Varian Covid-19 B1617 di Kudus Berasal dari Transmisi Lokal

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 337 2427682 kemenkes-varian-covid-19-b1617-di-kudus-berasal-dari-transmisi-lokal-g4rktv9NJV.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyebut, varian Covid-19 B1617 (Delta) yang ditemukan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berasal dari transmisi lokal.

Padahal, varian mutasi virus SARS-CoV-2 tersebut berasal dari luar negeri. Dari penelusuran tidak ditemukan warga yang bepergian ke luar negeri.

"Apalagi kami melihat di Kudus transmisi 1617 kami temukan trransmisi lokal kami liat tidak ada perjalanan luar negeri," kata Nadia dalam acara diskusi virtual Smart FM Perspektif Indonesia bertajuk 'Menyiasati Lonjakan Covid-19', Sabtu (19/6/2021).

Menurut Nadia, penyebaran virus corona di Kudus melonjak lantaran memang adanya mobilitas di sekitaran wilayah tersebut. Hal itulah, kata Nadia, yang menjadi perhatian penanganan Covid-19.

"Tapi memang ada perjalanan Kabupaten Kudus sendiri atau sekitarnya, ke Sragen, Demak jadi kami lihat inilah yang tentunya jadi warning kami," ujar Nadia.

Baca Juga : Anies Ajak Masyarakat Sabtu-Minggu di Rumah Saja, Habiskan Waktu Bareng Keluarga

Di sisi lain, kata Nadia, lonjakan virus corona yang terjadi belakangan ini juga merupakan dampak arus mudik Lebaran 2021.

Mengingat, menurut Nadia, masyarakat banyak yang melakukan mudik colongan sebelum aturan penyekatan maupun setelah kebijakan itu dicabut.

Baca Juga : Baru 7 Persen, Vaksinasi Covid-19 Indonesia Masih Jauh dari Harapan

"Kemudian kami tahu ada juga nunggu larangan mudik selesai baru mudik. Kami lihat berapa gelombang kurang lebih 4-5 juta org gerak pada waktu bersamaan. Kami selalu ingatkan mobilitas tinggi akan meningkat kasus," tutur Nadia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini