Baru 7 Persen, Vaksinasi Covid-19 Indonesia Masih Jauh dari Harapan

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 337 2427676 baru-7-persen-vaksinasi-covid-19-indonesia-masih-jauh-dari-harapan-Bf1rdhmm0r.jpg Presiden Joko Widodo menerima suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengungkapkan bahwa sejauh ini program vaksinasi nasional baru mencapai 7 persen dari target 181,5 juta warga Indonesia.

"Apalagi, kami bicara pertama vaksin kami pada populasi tertentu, tenaga kesehatan, pelayanan publik dan lansia. Kalau total seluruhnya 181,5 juta itu masih tujuh persen ini seringkali masyarakat tak sadari," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam acara diskusi virtual Smart FM Perspektif Indonesia bertajuk 'Menyiasati Lonjakan Covid-19', Sabtu (19/6/2021).

BACA JUGA: Sosialisasikan Herd Immunity, Kemenkes Contohkan Penyelenggaraan Piala Eropa

Persentase tersebut, kata Nadia, masih jauh dari harapan terciptanya kekebalan kelompok atau Herd Immunity yang diharapkan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Masih jauh perjalanan kita capai. Orang di sekitar kita yang kemungkinan saja misalnya 3 dari 1 orang divaksin masih sangat jauh," ucap Nadia.

BACA JUGA: Covid-19 Melonjak, Pembatasan Sosial Diminta Ditingkatkan

Di sisi lain, Nadia menyebut, masih tingginya kasus aktif virus corona yang terjadi dewasa ini lantaran di sekitar masyarakat yang sudah divaksin masih lebih banyak warga yang belum disuntik vaksin.

"Jadi apa yang kemudian membuat kita kembali tertular karena memang lingkungan sekitar masih banyak orang tak divaksin tak punya kekebalan masih banyak orang yang kami lihat lagi OTG (orang tanpa gejala), bisa saja tak bergejala tapi positif Covid-19 apalagi covid virusnya paling senang bahagia orang mobilitas," tutupnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini