Guru Besar UI Beberkan 5 Solusi Tekan Lonjakan Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 337 2427636 guru-besar-ui-beberkan-5-solusi-tekan-lonjakan-covid-19-9XreADIKgQ.jfif Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan 5 solusi untuk pemerintah dan pihak terkait demi menekan lonjakan virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Hal itu disampaikan Tjandra saat menjadi narasumber dalam acara diskusi virtual Smart FM Perspektif Indonesia bertajuk 'Menyiasati Lonjakan Covid-19', Sabtu (19/6/2021).

Menurut mantan Direktur WHO Asia Tenggara tersebut, solusi pertama adalah meningkatkan pembatasan sosial masyarakat. Kedua, meningkatkan test dan tracing.

"Ketiga peningkatan rumah sakit dan pelayanan kesehatan primer. Keempat kelengkapan data dan yang terakhir adalah vaksinasi," kata Tjandra.

Tjandra menjelaskan, lima solusi tersebut berdasarkan analisis, pengamatan, dan hasil diskusi soal lonjakan virus corona yang terjadi di India.

Terjadinya kelonjakan Covid-19 di India, kata Tjandra, salah satu di antaranya lantaran perilaku masyarakat yang abai atau tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Pada waktu itu analisis kami ada alasan yang ini kami pakai jadi patokan supaya kita jangan kena hal yang sama," ujar Tjandra.

Selain kedisplinan prokes dan hal lain, menurut Tjandra, kelonjakan di India lantaran masuknya varian virus corona baru ke negara tersebut.

Baca Juga : Data Dinkes DKI: Dalam 1 Hari Bertambah 661 Anak Positif Covid-19

"Memang saat ini ada perkembangan yang tidak baik dari virusnya ada varian baru yang muncul. Sehingga situasi berkembang seperti sekarang ini," tutur Tjandra.

Baca Juga : Bertambah 172, 6.030 Pasien Dirawat di RSDC Wisma Atlet

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini